Sukses

Petualangan Seru Siswa-Siswa Jawa Timur ke Gorontalo

Sebanyak 47 peserta Program SMN asal Jawa Timur itu tinggal dan berbaur bersama warga di desa konservasi budaya Talumelito, Kabupaten Gorontalo.

Liputan6.com, Jakarta - Rombongan peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Jawa Timur (Jatim) mengunjungi obyek wisata Pintu Langit di Desa konservasi budaya Talumelito, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Salah seorang peserta SMN Muhammad di Gorontalo, mengatakan sangat senang bisa berkunjung ke wisata Pintu Langit tersebut.

"Dari sini kita bisa melihat pemandangan Kabupaten Gorontalo dari atas bukit, selain itu saya yang berasal dari Sidoarjo bisa menyaksikan salah satu keindahan dari wilayah Indonesia," ujarnya, Kamis 15 Agustus 2019, dilansir Antara.

Ia mengaku melalui program SMN yang merupakan rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri tersebut, ia bisa melihat dan belajar tentang daerah lain di nusantara.

"Saya berharap wisata Pintu Langit semakin dikenal hingga ke manca negara dan pihak pemerintah bisa memberikan dukungan pengembangannya," kata dia.

Sementara itu, peserta lainnya Anissa Ramadhani mengungkapkan jika wisata Pintu Langit sangat indah dan bersih.

"Semoga lebih banyak pengunjung yang datang kesini dan lebih terkenal," harapnya.

Sebanyak 47 peserta Program SMN asal Jawa Timur itu tinggal dan berbaur bersama warga di desa konservasi budaya Talumelito, Kabupaten Gorontalo.

Salah seorang peserta SMN, Nurotun Nafisah, senang dan bersemangat bisa tinggal dengan keluarga angkat dalam program tersebut.

"Tentunya senang sekali, karena selain belajar budaya serta adat istiadat di sini, saya bisa memiliki keluarga dan teman baru," ucap dia.

Dengan tinggal bersama keluarga baru di daerah itu, ia akan berusaha agar dapat lebih banyak berkomunikasi dan belajar tentang berbagai hal menyangkut Gorontalo.

Peserta lainnya, Farah Aziz, menyebutkan bahwa atmosfer di Desa Talumelito sebagai luar biasa.

"Saat kita tiba, langsung disambut dengan tarian tradisional Gorontalo, yaitu Longgo dan bertemu dengan keluarga angkat," kata dia.

Ia mengaku tidak sabar untuk dapat belajar dan mengenal budaya serta tradisi di Provinsi Gorontalo di desa tersebut.

Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri, sedangkan di Gorontalo diselenggarakan oleh Bank Mandiri selaku koordinator serta PT PPI, Djakarta Lloyd, dan Indonesia Re selaku wakil koordinator.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terpesona Taman Laut Olele

Keindahan taman laut Olele di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo yang memiliki terumbu karang dan aneka jenis biota laut memukau peserta Siswa Mengenal Nusantata (SMN) asal Jawa Timur.

Salah seorang peserta asal SMA Negeri 10 Malang, Aisya Devka di Gorontalo, Jumat, mengatakan tidak menyangka jika taman laut Olele memiliki terumbu karang yang masih bagus dan dihuni oleh ikan-ikan cantik.

"Saya sangat senang bisa melihat langsung keindahan bawah laut Olele, tidak hanya lihat di televisi tapi bisa merasakan secara langsung suasana di sini sambil snorkling," ujarnya.

Ia mengaku jika obyek wisata taman laut Olele menjadi tempat pertama ia bisa snokrling atau selam dangkal.

Sementara itu, peserta lainnya Herlina Puji Ayu mengatakan bahwa selain berenang juga mengabadikan momen bawah laut Olele.

"Saya mengira ini hanya laut biasa saja, ternyata saat mulai snorkling, air lautnya sangat jernih, senang rasanya masih bisa menemukan bawah laut yang masih bersih," ungkapnya.

Herlina juga mengatakan, kondisi terumbu karang di Olele masih bagus dan ia berkesempatan berenang bersama berbagai jenis ikan sembari memberi makan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.