Sukses

Berkunjung ke Sidoarjo, Jangan Lupa Beli Oleh-Oleh Khas Kota Delta Ini

Liputan6.com, Jakarta - Selain Surabaya, Jawa Timur juga memiliki daerah yang tidak kalah menariknya. Sebut saja Sidoarjo dengan julukannya Kota Delta karena diapit oleh dua sungai besar, Kali Mas dan Kali Porong.

Sidoarjo juga salah satu wilayah yang disebutkan dalam Novel Bumi Manusia Karya Pramodeya Ananta Toer. Selain Sidoarjo, di novel tersebut juga disebutkan wilayah Wonokromo di Surabaya, Jawa Timur.

Bicara soal Sidoarjo, kota ini juga terkenal dengan hasil tambaknya seperti bandeng dan olahannya. Jika Anda ingin kesana tidak ada salahnya jika membeli buah tangan khas Sidoarjo yang khas.

Liputan6.com merangkum berbagai oleh-oleh khas Sidoarjo yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Petis Sidoarjo

Petis Sidoarjo ini memang khas kota Sidoarjo karena terbuat dari udang asli. Berbahan dasar udang yang dipanasi hingga kental dan pekat.  Petis ini ditambah gula batok sehingga membuat warnanya coklat pekat. Petis ini  digunakan sebagai bahan dasar bumbu atau saus. Makanan yang sering menggunakan petis ini di antaranya lontong kupang, rujak cingur, mie racik, tahu tek, dan lain-lain.

2. Terasi

Terasi Sidoarjo ini terkenal di Sidoarjo. Terasi ini sering digunakan sebagai bumbu dasar dari beberapa jenis makanan. Berbahan dasar ikan dan udang dan bumbu rempah-rempah, terasi Sidoarjo ini cocok dipakai sebagai bumbu.

 

 

 

2 dari 3 halaman

Ote-Ote

3. Bandeng Asap

Sidoarjo dikenal dengan kota penghasil bandeng. Oleh karena itu, bandeng asap menjadi andalan oleh-oleh Kota Delta ini. Berbahan dasar ikan bandeng yang diasapi di atas tungku besar. Disajikan dengan sambal kecap yang manis membuat bandeng asap ini semakin nikmat. Uniknya bandeng asap ini biasanya dijual bergantungan di dalam tempatnya tetapi dijamin ikannya masih segar dan cocok untuk oleh-oleh khas kota Sidoarjo.

4. Ote-ote

Ote-ote merupakan sejenis gorengan yang juga dikenal dengan bakwan goreng. Uniknya Ote-ote ini berisi tiram, rumput laut, dan udang.

 

5. Kerupuk Udang Sidoarjo

Oleh-oleh khas Sidoarjo ini berasal dari udang dan adonan tepung tapioca yang dihaluskan kemudian diberi rempah dan penambah rasa. Biasanya yang digunakan udang kecil yang dihaluskan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Kafe di Surabaya Tawarkan Nikmatnya Kopi Sambil Baca Buku
Artikel Selanjutnya
Ingat, Perhatikan Barang Bawaan Ini Saat Naik Pesawat