Sukses

5 Pantai Indah di Pacitan yang Memiliki Pemandangan Menakjubkan

Liputan6.com, Jakarta Pacitan merupakan kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang juga berbatasan dengan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Sebagian besar wilayahnya merupakan berupa pegunungan kapur, yakni bagian dari rangkaian Pegunungan Kidul. Hal ini lah yang membuat wilayah Pacitan tak bisa menjadi lahan pertanian.

Pacitan juga dikenal memiliki goa-goa yang indah, di antaranya Goa Gong (goa terindah se-Asia Tenggara), Tabuhan (batu dapat dipukul dan berbunyi seperti alat musik gamelan), Kalak (goa pertapaan), dan Luweng Jaran (diduga sebagai kompleks goa terluas di Asia Tenggara). Di daerah pegunungan ini juga seringkali ditemukan fosil manusia purba dan alat-alat purbakala.

Nah, meski mendapat julukan sebagai Kota Seribu Goa, Pacitan juga merupakan salah satu wilayah dengan deretan pantai yang sangat indah. Pacitan bahkan merupakan salah satu penyumbang pantai terbanyak di Provinsi Jawa Timur.

Sebagian besar pantai di Pacitan memiliki pasir yang putih dengan air laut yang jernih. Beberapa di antaranya juga memiliki ombak yang cukup tinggi dan cocok untuk surfing. Berikut liputan6.com rangkum dari berbagai sumber 5 pantai indah di Pacitan yang memiliki pemandangan menakjubkan, Minggu (18/8/2019).

2 dari 6 halaman

1. Pantai Klayar

Pantai Klayar memiliki ciri yang identik dengan semburan air yang unik dan gulungan ombak yang eksotik. Semburan air di Pantai Klayar terjadi karena derasnya gulungan ombak yang masuk ke sela-sela karang dan akhirnya menyembur di lubang-lubang yang ada di permukaan.

Sementara ombak besar di pantai ini bisa kamu nikmati setiap saat. Pantai Klayar menjadi pantai terindah dan terfavorit di kalangan wisatawan, batu karang di pantai ini punya banyak celah. Setiap kali ombak menerpa, muncul pula bunyi seperti siulan.

3 dari 6 halaman

2. Pantai Kasap

Pantai Kasap terletak di Gumuharjo, Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Pantai Kasap adalah pantai yang kata orang-orang menjadi Raja Ampatnya Pacitan karena kalau kita naik ke atas bukitnya, pantai ini memiliki pemandangan seperti di Raja Ampat, Papua. Ada pulau-pulau kecil yang apik dan enak dipandang dari atas.

Perjalanan untuk menuju bukit tersebut medannya tidak sulit, tetapi bisa bikin kita ngos-ngosan. Waktu tempuh untuk sampai ke atas bukit tersebut kurang lebih 15 menit. Dan kalau ingin naik kapal keliling pulau-pulau tersebut cukup membayar 17.000/orang. Nikmat pokoknya bisa keliling pulau, susur sungai, dan rasakan sensasinya.

4 dari 6 halaman

3. Pantai Buyutan

Pantai Buyutan berlokasi di daerah Kecamatan Donorojo, Karak, tepatnya di Desa Widoro, Kabupaten Pacitan. Menurut dongeng yang beredar dikisahkan, mahkota Dewa Narada terjatuh ke laut ketika sedang terbang di atas Pantai di mana mahkota itulah batu karang besar yang berada tidak jauh dari bibir Pantai.

Pantai Buyutan ini tidak hanya mengisahkan cerita fiksi belaka, namun juga keindahan alam yang masih terjaga secara alami. Perbukitan yang diselimuti sabana hijau, ombak biru laut yang asri, serta hamparan pasir yang lembut dan pepohohan rindang adalah sebab tempat ini wajib dikunjungi.

5 dari 6 halaman

4. Pantai Watu Karung

Pantai Watu Karung ini lokasinya tidak jauh dari Pantai Kasap, jadi sekali tempuh bisa dapat 2 tempat wisata yang pemandangannya sama bagusnya. Pantai Watu Karung terletak di Ketro, Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Pantai Watu Karung ini lebih terkenal dengan julukan Pantai Pasir Putihnya.

Ombak Pantai Watu Karung yang cukup besar khas pantai selatan dan biru lautnya sangat cocok digunakan untuk surfing. Perbukitan karang di Pantai Watu Karung ini merupakan tempat favorit bagi pengunjung untuk berkemah, melihat sunset, hingga hanya mendengarkan nyanyian ombak. Bukit karang, ombak biru laut nan jernih, hamparan pasir luas, sunset, dan sunrise adalah alasan mengapa ajang foto tidak boleh terlewatkan.

6 dari 6 halaman

5. Pantai Banyu Tibo

Salah satu pantai di Pacitan ini memiliki air terjun yang berada di salah satu sisinya. Airnya yang turun langsung terjun ke pantai selatan. Keberadaan air terjun ini merupakan muasal dari pemberian nama pantai ini. Sesuai namanya Banyu yang berarti Air dan Tibo yang artinya jatuh atau terjun, pantai ini punya air terjun. Keindahannya pun tidak perlu di sangsikan lagi. Salah satu rekomendasi pantai yang memiliki pemandangan indah di Pacitan.

Loading