Sukses

4 Kuliner Legendaris Tuban yang Wajib Dicoba, Menggugah Selera

Liputan6.com, Jakarta Kota Tuban memiliki banyak tempat wisata yang indah. Namun, liburan kamu menjadi tidak lengkap, jika belum merasakan kuliner lezat Tuban.

Berbicara kuliner memang tak ada habisnya. Tuban, Jawa Timur juga menyimpan berbagai kuliner legendaris yang tentunya wajib dicoba

Jadi, jika kamu pergi ke Tuban, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi kuliner-kuliner legendaris yang tersebar di kota tersebut.

Kuliner Tuban pada umumnya didominasi oleh rasa pedas, seperti kuliner legendaris belut pedas. Namun masih banyak lagi kuliner legendaris Tuban yang mampu menggoyang lidahmu saat menyantapnya.

Berikut kuliner legendaris Tuban yang wajib kamu coba, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (20/8/2019).

2 dari 5 halaman

1. Kari Rajungan

Kari rajungan merupakan salah satu kuliner legendaris yang populer di Tuban. Rajungan adalah sejenis kepiting yang lebih kecil dan memiliki daging lebih empuk. Menu ini juga disajikan dengan cita rasa pedas.

Seringkali, wisatawan yang berkunjung ke Tuban tidak akan melewatkan kuliner legendaris yang satu ini. Kamu bisa mencicipi kari rajungan yang terletak di jalan Manunggal atau tepatnya di depan SMAN 3 Tuban. Selain itu warung kari rajungan ini sudah berdiri sejak 28 tahun yang lalu.

Kari rajungan juga dimasak menggunakan kayu bakar. Sehingga bumbu meresap dan menyatu, sangat lezat.

3 dari 5 halaman

2. Opor Mak Mbing

Opor Mak Mbing adalah kuliner legendaris Tuban yang tak boleh dilewatkan. Opor ini disajikan dengan resep kuno yang dijamin bikin nagih. Jika biasanya opor disajikan dengan pucat, lain dengan Opor Mak Bing yang memiliki warna kuning kemerahan.

Sebelum disajikan menjadi opor ayam, ayam akan dibakar terlebih dahulu. Opor Ayam Mak Mbing ini terasa nikmat dan gurih. Kamu bisa menemukan Opor ini di Jalan Kemuning, Tuban.

4 dari 5 halaman

3. Belut Pedas

Bagi pecinta olahan belut, kamu bisa mencoba kuliner legendaris belut pedas di Tuban. Belut pedas disajikan dengan digoreng hingga kering dan dibumbui pedas.

Kamu bisa menemukan kuliner legendaris ini warung Pak Jangkar, Semanding, Tuban. Selain belut pedas, warung ini juga menyajikan berbagai menu seperti kodonk goreng, lele dan jeroan belut. Kamu juga bisa menikmati belut pedas dengan nasi jagung, rasanya nikmat dan dijamin akan memanjakan lidah.

5 dari 5 halaman

4. Kue Dumbek

Kuliner legendaris yang satu ini adalah kue dumbek khas Tuban. Kue dumbek mempunyai citarasa yang manis, lembut dan kenyal. Kue yang bentuknya seperti terompet ini biasa dijual dipasar-pasar tradisional, acara agustusan, atau acara keramaian yang lain

Kue dumbek terbuat dari bahan utama Adapun bahan utama dari tepung beras, gula merah, daun pandan, garam, santan serta parutan kelapa.Selain itu, kue dumbek merupakan makanan wajib yang harus ada pada acara-acara adat setempat, seperti sedekah bumi.

Loading