Sukses

Intip Atraksi Komunitas Freestyle Motor di Sidoarjo

Liputan6.com, Jakarta - Penggemar olahraga ekstrim freestyle motor semakin banyak di Indonesia. Salah satunya komunitas freestyle motor yang kerap melakukan aksi di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Tak hanya ajang hobi dan bakat, komunitas tersebut juga merangkul para pebalap liar untuk menyalurkannya di olahraga yang memacu adrenalin. Komunitas freestyle ini biasa berkumpul di Kawasan GOR Sidoarjo untuk mematangkan keahliaan atau sekadar berlatih.

Beberapa teknik dan gaya seperti wheelie atau mengangkat roda depan, sit down wheelie mengangkat roda depan sambil tetap duduk hingga stoopie scorpion dan maneuver yakni teknik menghentikan motor dengan mengangkat roda belakang seperti sengat kalajengking. Kemudian memutar hingga 180 derajat. Aksi ini mensyaratkan kondisi motor yang sesuai standar freestyle dan fisik prima para pengendaranya.

Aksi freestyle tersebut ditunjukkan saat komunitas ini kedatangan artis penyanyi Jawa Timur Larasita. Perempuan ini juga hobi motor trail.Bagi Larasita, keberadaan komunitas pehobi freestyle motor ini tak hanya makin banyak digemari tapi diharapkan bisa menyalurkan minat para pebalap liar di jalanan. Demikian mengutip dalam program Fokus, Selasa (20/8/2019).

Salah satu freestyler, Fariz menuturkan, meski sering dipandang sebelah mata, olahraga motor ekstrim ini memiliki sisi positif karena tidak dilakukan di jalanan yang bisa menganggu lalu lintas dan keselamatan orang lain.

Untuk bisa tampil maksimal dalam melakukan berbagai manuver freestyle motor ini diperlukan kondisi motor yang prima dan sesuai standar freestyle.

Tak hanya itu, kedisiplinan pengendara sangat diperlukan agar bisa konsenstrasi penuh saat mengendarai dan mengendalikan motor sesuai teknik dan gaya yang dimainkan. Apalagi saat ada penonton yang ingin dibonceng untuk merasakan aksi freesytle ini sehingga diperlukan kondisi fisik dan emosi yang fit dari para pemainnya.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini