Sukses

Ahok Tegaskan Belum Ada Instruksi Maju Pilwali Surabaya

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahajia Purnama menuturkan, saat ini dirinya mendapatkan tugas dari PDI Perjuangan untuk mengajar di sekolah politik.

Surabaya - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menuturkan, saat ini dirinya mendapatkan tugas dari PDI Perjuangan untuk mengajar di sekolah politik. Ia mengajar, penganggaran dan cara penggunaan hibah. Selain itu, BTP sapaan barunya menegaskan kalau tidak akan maju ke pencalonan wali kota (pilwali) Surabaya 2020.

Ia menuturkan, dirinya tidak mungkin menjadi calon wali kota Surabaya karena tidak ada perintah dari PDI Perjuangan.

"Saya bilang itu enggak mungkin saya ditugaskan jadi wali kota Surabaya. Kader-kader itu (Surabaya-red) masih banyak yang baik-baik,” ujar dia saat menghadiri seminar wawasan kebangsaan di Universitas Kristen (UK) Petra di Surabaya, seperti melansir Jawa Pos, Selasa (20/8/2019).

Ia menuturkan, dirinya kini mendapatkan tugas PDI Perjuangan untuk mengajar di sekolah politik. Dia mengajarkan penganggaran dan cara penggunaan hibah. Saat ini, ia bertugas di Nusa Tenggara Timur (NTT). Jadi, tidak ada partai yang menugasi saya jadi wali kota Surabaya,” ujar dia.

Perintah partai itu tidak hanya berlaku di Surabaya, tapi di semua daerah. BTP pun belum diperintah untuk menjadi kandidat calon kepala daerah, termasuk di NTT tempat dia kini mengajar sekolah politik.

Saat ditanya mengenai dukungan warga Surabaya agar dirinya maju sebagai calon wali kota, BTP menuturkan, hanya patuh pada perintah partai. "Saya sebagai kader partai tentu ikutin perintah partai,” kata dia.

 

 

Baca konten-konten menarik Jawa Pos di sini

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bertemu Pengusaha, Bahas Apa?

Selain itu, BTP juga menanggapi soal pertemuan dengan beberapa pengusaha di Surabaya pada kemarin malam. Ia memastikan pertemuan itu tidak membahas politik, tetapi tentang usaha. Bagaimana cara pengusaha itu bisa berbagi dan berempati. Contohnya mengarahkan CSR secara tepat sasaran.

"Ya, karena yang datang mampu. Ya ketemu Ahok bayar tiket, kata dia.

Sebelumnya, BTP sempat masuk bursa pilwali Surabaya. Nama dia disebut pemerhati politik dari Damai Center for Social Life, Belinda Ho. Nama BTP diusulkan bersama ulama muda Zahrul Azhar As’ad alias Gus Hans dan politikus PSI Dhimas Anugrah.

Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya Adi Sutarwijono menuturkan, hingga kini belum ada instruksi dari DPP soal bakal calon wali kota dari partai banteng. "Belum ada instruksi. Belum menyebut sosok," kata dia

Adi menyebutkan, kini DPC sibuk konsolidasi partai, terutama mensolidkan seluruh kader untuk persiapan pilwali 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.