Sukses

Terminal Joyoboyo Surabaya Bakal Beroperasi Akhir Desember

Dinas Perhubungan Kota Surabaya menyatakan, bangunan fisik Terminal Joyoboyo di Surabaya, Jawa Timur sudah selesai. Saat ini pembangunan tinggal pekerjaan mekanikal, interior dan fasat.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Perhubungan Kota Surabaya menyatakan, bangunan fisik Terminal Joyoboyo di Surabaya, Jawa Timur sudah selesai. Saat ini pembangunan tinggal pekerjaan mekanikal, interior dan fasat.

Perkembangan pembangunan Terminal Joyoboyo, Surabaya, Jawa Timur sudah mencapai 88 persen. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), Surabaya, Irvan Wahyudrajad menuturkan, pembangunan terminal ini tinggal pekerjaan mekanikal, interior, dan fasat.

"InsyaAllah kalau tidak ada kendala terminal bisa dioperasionalkan pada akhir Desember. Kamis harus menyiapkan personel dan bagian operasional,” ujar dia melansir Antara, Kamis (22/8/2019).

Ia menuturkan, pada akhir Desember, kebutuhan parkir di Kebun Binatang Surabaya (KBS) yang lokasinya berdekatan dengan Terminal Joyoboyo diperkirakan cukup besar karena bertepatan dengan liburan Natal dan Tahun Baru 2020.

"Kami harapkan pada akhir Desember bisa dimanfaatkan untuk membantu kekurangan parkir di KBS,” ujar dia.

Irvan menuturkan, Joyoboyo sudah ditetapkan sebagai terminal tipe C oleh Wali Kota Surabaya beberapa waktu itu. Fungsinya sebagai stasiun dan terminal intermodal. "Jadi fungsi dari Joyoboyo tidak hanya terminal, juga stasiun intermodal,” kata dia.

Ia menuturkan, sesuai Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Surabaya, angkutan massal baik dari jalur utara dan selatan, barat atau timur akan terkoneksinya di Terminal Joyoboyo.

"Termasuk terhubung dengan angkutan atau terintegrasi dengan angkutan kereta api antarkota. Jadi rencananya akan dikoneksikan dengan Stasiun Wonokromo,” kata dia.

Selain sebagai park and ride, ia menuturkan, Terminal Joyoboyo akan dibangun underpass atau tunel bawah tanah yang menghubungkan dengan Kebun Binatang Surabaya. "Jadi nanti cukup dengan jalan kaki, setelah parkir kendaraan di Terminal Joyoboyo menuju KBS,” tutur dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kini Penukaran Uang Tersedia di Terminal Purabaya

Sebelumnya, penukaran uang kini tidak hanya saat momen Ramadan dan Lebaran saja. Masyarakat Surabaya, Jawa Timur dapat menukarkan uang di Terminal Purabaya.

Mengutip akun instagram @surabayabusstation, Jumat (26/7/2019), Dinas Perhubungan Kota Surabaya brsama Bank Indonesia (BI) membuka penukaran uang pecahan di area ruang tunggu penumpang lantai 1 Terminal Purabaya.

Jadwal penukaran uang di Terminal Purabaya dapat dilakukan setiap Rabu dan Kamis, dimulai pukul 09.00-11.00 WIB.

Pecahan uang yang disediakan antara lain pecahan Rp 2.000, pecahan Rp 5.000, Rp 10.000 dan pecahan Rp 20.000. Saat menukarkan uang ini pun tidak ada biaya tambahan.

Nah, bagi Anda yang ingin tukarkan uang bisa langsung ke Terminal Purabaya, Surabaya, Jawa Timur.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.