Sukses

VIDEO: Uniknya Blangkon Pacul Gowang Khas Sidoarjo

Liputan6.com, Jakarta - Di antara banyak jenis blangkon atau penutup kepala khas Jawa terdapat blangkon yang bernama Pacul Gowang. Blangkon ini menjadi ciri khas Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur dan memiliki keunikan dibanding jenis blangkon lainnya.

Lalu bagaimana bentuk blangkon tersebut?

Ririn Masruroh (35) bersama empat karyawannya membuat blangkon khas Sidoarjo Pacul Gowang di rumahnya di Desa Sawocangkring, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo. Ia membuat puluhan hingga seratus blangkon. Selain blangkon Pacul Gowong, Ririn juga membuat blangkon jenis lain seperti Blangkon khas Surabaya. Demikian seperti ditayangkan dalam Program Liputan6.

Blangkon dan Udeng Khas Madura . Sesua namanya, Blangkon Pacul Gowang ini ada ciri khas yakni lubang separuh di atasnya. Selain itu, harus menggunakan batik khas Sidoarjo. Dengan keunikan dan kekhasan itu, blangkon ini memiliki pangsa pasar tersendiri.

Setiap bulan, usaha rumahan ini bisa mengirimkan ratusan blangkon jenis Jawa Timur maupun Pacul Gowang ke Surabaya dan sejumlah daerah di Indonesia. Usaha ini juga mampu menghasilkan omzet puluhan juta rupiah.

Ririn awalnya membantu usaha suami memproduksi blangkon sejak 20 tahun lalu harus dikerjakan totalitas setelah Sang Suami Abdul Rokib wafat setahun lalu. Sempat mengalami pasang surut, kini permintaan blangkon Pacul Gowang terus mengalir sehingga mampu membayar gaji tujuh karyawannya. Karyawan yang membantu Ririn terdiri dari empat laki-laki dan tiga ibu rumah tangga. Bahkan di antara karyawan pria, ada yang berstatus pelajar sehingga penghasilan mereka bisa untuk membantu orangtua dengan membayar sekolah.

Kini dengan semakin banyaknya usaha blangkon, terutama Pacul Gowang yang ada di sekitar desanya tak membuat Ririn berkecil hati. Bahkan ibu dua anak ini bersyukur, blangkon khas Sidoarjo makin banyak diminati. Dirinya juga berharap pemerintah Kabupaten Sidoarjo mendampingi dan membina agar usahanya terus berkembang.