Sukses

Mulai 1 September, Pesan Tiket KA Lokal Kini Lewat KAI Access

PT KAI menyatakan kalau pelayanan reservasi KA lokal melalui KAI Access dapat dilakukan mulai H-7 hingga lima menit sebelum keberangkatan.

Liputan6.com, Surabaya - PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) memberlakukan kebijakan baru perihal pelayanan reservasi tiket KA Lokal. Mulai keberangkatan 1 September 2019, pelayanan reservasi tiket KA Lokal hanya dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access. 

Penjualan tiket KA Lokal di loket stasiun hanya berlaku untuk pembelian secara Go-Show (mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan) apabila tempat duduk masih tersedia.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto mengatakan pelayanan reservasi KA Lokal melalui KAI Access dapat dilakukan mulai H-7 hingga 5 menit sebelum jadwal keberangkatan. 

"Untuk wilayah Daop 8 Surabaya, total ada 46 perjalanan KA lokal atau KA Komuter PSO (subsidi) dengan kapasitas daya angkut mencapai 28.652 penumpang dalam seharinya," tutur Suprapto, Jumat (23/8/2019). 

Untuk melakukan reservasi tiket KA Lokal via KAI Access, calon penumpang harus mengupdate aplikasi KAI Accessnya menjadi versi terbaru. Lalu masuk ke menu Local Train untuk memilih stasiun keberangkatan dan tujuan serta jadwal keberangkatan KA. 

"Nantinya penumpang yang telah membeli tiket KA Lokal via KAI Access, tidak perlu lagi mencetak boarding pass di stasiun, melainkan cukup menunjukkan E-Boarding Pass yang ada di aplikasi KAI Access disertai kartu identitas asli saat boarding," kata Suprapto.

Kebijakan ini merupakan upaya KAI untuk memberikan pelayanan lebih baik kepada pengguna KA dan mengedukasi masyarakat untuk bisa lebih mengenal dengan aplikasi layanan online tiket KA. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dapat Memesan Tiket Dari Mana Saja

Dengan reservasi tiket KA Lokal via KAI Access, calon penumpang dapat memesan tiket dari mana saja dan kapan saja tanpa perlu ke stasiun, dapat merencanakan perjalanan jauh-jauh hari, serta mendapatkan kepastian tiket tanpa perlu antre di stasiun.

"Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi lebih detail terkait tata cara reservasi tiket KA Lokal via KAI Access serta informasi tentang KAI lainnya, dapat menghubungi Contact Center KAI di 121/021-121 (24 jam), atau mengunjungi petugas Customer Service yang ada di Stasiun," ujar Suprapto.

Saat ini pengguna KA Komuter / KA Lokal di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya, untuk kondisi weekday rata-rata antara 19.000 sampai dengan 22.000 penumpang setiap harinya, sedangkan untuk kondisi weekend rata - rata penumpang mencapai antara 23.000 sampai dengan 25.000 penumpang setiap harinya.

Berikut adalah daftar nama KA Lokal atau Komuter PSO (Subsidi) di wilayah Daop 8 Surabaya: 

1. KRD Ekonomi relasi Sidotopo-Porong

2. KRD Ekonomi relasi Surabaya kota-Porong (PP)

3. KRD Ekonomi Sulam relasi Surabaya Pasarturi-Lamongan (PP)

4. Jenggala relasi Mojokerto-Sidoarjo (PP)

5. Dhoho relasi Blitar-Kertosono-Surabaya Kota (PP)

6. Penataran relasi Surabaya Kota-Malang-Blitar (PP)

7. Penataran relasi Surabaya Gubeng-Blitar (PP)

8. Tumapel relasi Malang-Surabaya Kota

9. Tumapel relasi Surabaya Gubeng-Malang

10. Ekonomi Lokal relasi Sidoarjo-Surabaya Pasarturi-Bojonegoro(PP)

11. Ekonomi Lokal relasi Surabaya Pasarturi-Bojonegoro (PP)

12. Ekonomi Lokal relasi Surabaya Pasarturi-Sidoarjo (PP)

13. Ekonom Lokal relasi Surabaya Kota-Kertosono (PP)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.