Sukses

VIDEO: Pemuda Ini Melukis Garuda dari Puntung Rokok

Liputan6.com, Jakarta - Seni lukis menggunakan cat sudah biasa. Namun, seorang pemuda melukis menggunakan bahan dari punting rokok di Lamongan, Jawa Timur.

Ide awalnya, sang seniman tersebut prihatin dengan banyaknya sampah punting rokok yang membuat lingkungan tidak sehat.

Pemuda itu M.Gufron Rosyadi Husaini, seniman berusia 25 tahun yang mensulap puntung rokok menjadi lukisan yang eksotis dan bernilai jual tinggi. Warga Dusun Podo, Desa Glagah, ini mengaku hobi melukis sejak sekolah dasar (SD) menggunakan cat. Ia juga sering menjuarai lomba lukis.

Namun, Yadi, sapaan akrab pria berusia 25 tahun ini, berinovasi tidak hanya melukis dengan cat tapi menggunakan puntung rokok. Ide awal melukis dengan puntung rokok yang berserakan. Sebelum digunakan, puntung rokok terlebih dahulu dicuci dan dijemur untuk menghilangkan bau zat racunnya yang berbahaya.

Puntung rokok yang sudah kering inilah yang dibuat lukisan. Setelah tertempel semua dan membentuk lukisan, agar indah dan eksotis, lukisan dihaluskan dengan pernis. Hasilnya, lukisan Garuda Indonesia dari puntung rokok selesai dibuat.

"Sudah direncanakan jauh-jauh hari dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia ke-74 membuat karya dengan bahan berbeda. Saya ingin mengembangkan limbah ini sulap jadi barang bernilai tinggi,” ujar dia dalam program Fokus, ditulis Jumat (23/8/2019).