Sukses

Tim SAR Gabungan Sudah Evakuasi 311 Korban KM Santika Nusantara

Kantor SAR Surabaya menyampaikan data terkini perkembangan sementara korban kebakaran KM Santika Nusantara, Minggu 25 Agustus 2019, sekitar pukul 15.30 WIB.

Liputan6.com, Surabaya - Kantor SAR Surabaya menyampaikan data terkini perkembangan sementara korban kebakaran KM Santika Nusantara, Minggu 25 Agustus 2019, sekitar pukul 15.30 WIB. 

"Dievakuasi KM Dharma Fery 7 sebanyak 64 orang selamat dan dievakuasi KM Spill Citra sebanyak 23 orang selamat," tutur anggota SAR Surabaya, Tholib dari sumber SMC (SAR Mission Coordinator), Minggu (25/8/2019). 

Selanjutnya, korban KM Santika Nusantara yang berhasil dievakuasi KN Cundamani ke pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, sebanyak 52 orang selamat dan tiga orang meninggal dunia. 

"Identitas tiga korban meninggal adalah Asfani seorang ABK usia 54 tahun, dan Bekti Tri S yang juga seorang ABK. Serta Wiji usia 44 tahun dari Blora," kata dia.

Kemudian, korban KM Santika Nusantara yang berhasil dievakuasi KM Putra Tunggal 8 ke Kalianget Sumenep sebanyak 161 orang selamat. Korban dievakuasi KN SAR Laksmana yang saat ini sedang berlayar menuju Pelan Tanjung Perak Surabaya, sebanyak lima orang selamat. 

"Identitas lima korban selamat adalah Zainal usia 49 tahun asal Kediri, Angga P usia 24 tahun asal Sampang, Panggi usia 46 tahun asal Surabaya, Dwi W usia 55 tahun asal Kediri serta Mustakim usia 30 tahun asal Boyolali," ucapnya. 

Selanjunya, dua orang dievakuasi oleh nelayan Lamongan menuju Pelabuhan Brondong. "Identitas kedua korban adalah Samuji usia 37 tahun asal Blitar dan Sigit usia 53 tahun asal Kediri," ujarnya.

"Jadi total korban yang dievakuasi hingga pagi ini sebanyak 311 orang. Dan jika ada perkembangan akan kami sampaikan," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tiga Korban Meninggal Dunia

Sebelumnya, ratusan korban insiden terbakarnya Kapal laut KM Santika Nusantara berhasil dievakuasi. Namun, ada tiga korban yang sudah dinyatakan meninggal dunia. 

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mengera menyampaikan,  dari laporan yang diterimanya, perkembangan sementara  insiden kapal terbakar KM Santika Nusantara, hingga Sabtu 24 Agustus 2019, sekitar pukul 20.00 WIB. 

"Korban yang dievakuasi oleh kapal KM Darma Ferry sebanyak 64. Dan yang dievakuasi KM Spil Citra sebanyak 23 korban," tutur Barung, Sabtu, 24 Agustus 2019. 

Selanjutnya, korban yang dievakuasi dari Pulau Masalembu, Sumenep Madura dari KM Chundamani sebanyak 53 korban. 

"Kemudian yang dievakuasi di Sumenep sebanyak 161 korban dengan catatan 23 korban sudah dijemput oleh keluarga di Sumenep dan 148 korban sudah berada di Surabaya," kata Barung. 

Barung mengatakan, ada tiga korban kapal terbakar KM Santika Nusantara yang sudah dinyatakan meninggal dunia dan sedang menjalani proses identifikasi di rumah sakit Bhayangkara Polda Jatim di Surabaya, Jawa Timur.

"Jadi total korban yang berhasil dievakuasi hingga malam ini sebanyak 304 korban. Demikian update sementara yang bisa dilaporkan," ucap Barung. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.