Sukses

4 Jajanan Khas Jawa Timur Berbahan Ketan, Camilan yang Bikin Kenyang

Berbagai jajanan dari bahan dasar ketan yang membuat perutmu kenyang.

Liputan6.com, Jakarta Berbicara tentang kuliner di Jawa Timur, pasti tidak ada habisnya, sebab setiap daerah memiliki makanan khas yang tentunya menggoda selera. Tidak hanya makanannya, jajanannya pun tidak kalah enak dan unik. 

Berkunjung ke Jawa Timur rasanya kurang lengkap tanpa mencicipi kuliner berbagai jajanan yang khas dan lezat. Mulai dari Mojokerto, Tulungagung, hingga Bojonegoro punya camilan khas yang sayang untuk dilewatkan.

Di Jawa Timur kamu bisa menemukan berbagai kuliner jajanan dari bahan dasar ketan yang membuat perutmu kenyang seperti jajanan Onde-Onde.

Penasaran seperti apa camilan yang membuat perutmu kenyang. Berikut 5 jajanan berbahan ketan dirangkum liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (28/8/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Wingko Babat

Wingko Babat merupakan jajanan khas Kabupaten Lamongan. Jajanan ini memiliki cita rasa manis dan tekstur yang keras. Bahan utama jajanan ini adalah tepung beras ketan.

Wingko biasanya memiliki bentuk kotak atau bulat. Selain itu jajanan ini memiliki aroma yang menggugah selera.

3 dari 5 halaman

2. Kue Gemblong

Kue Gemblong adalah kue tradisional yang termasuk ke dalam kelompok jajanan pasar. Kue Gemblong terbuat dari adonan tepung beras ketan putih yang dibentuk bulat memanjang dan kemudian digoreng setelah dilapisi larutan gula aren.

Gemblong mirip dengan jajanan getas, namun getas terbuat dari ketan hitam. Keduanya memiliki rasa yang sama-sama enak.

4 dari 5 halaman

3. Onde-Onde

Jajanan Onde-Onde banyak ditemukan di Mojokerto dan daerah Jawa Timur lainnya. Jajanan ini berbentuk bulat dengan biji wijen yang meyelimutinya.

Dahulu Onde-Onde diisi dengan kacang hijau, sekarang sudah beragam jenisnya. Jajanan ini berbahan dasar ketan yang dicampur dengan sagu dan bagian luarnya dilapisi wijen. Jajanan ini cocok untuk dijadikan camilan yang enak dan mengenyangkan.

5 dari 5 halaman

4. Kue Mendut

Kue Mendut terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan santan dan sedikit garam supaya gurih. Di dalam Mendut terdapat unti (isian kelapa) yang terbuat dari campuran parutan kelapa, gula merah, vanili, dan sedikit garam yang dimasak hingga bercampur.

Biasanya Mendut disiram dengan sedikit santan kental ketika sedang dibungkus.Jajanan ini dibungkus dengan daun pisang. dan memiliki rasa manis, kenyal dan lembut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini