Sukses

LIVE STREAMING:PELANTIKAN PRESIDEN JOKOWI & WAPRES MA'RUF AMIN

Mendunia, Ini 4 Tari Tradisional Jawa Timur yang Bikin Bangga

Liputan6.com, Jakarta Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Pulau Jawa yang letaknya berada di paling timur. Secara geografis, Jawa Timur ini juga mencakup pulau Madura. Namun, secara antropologis pulau Madura mempunyai kebudayaan yang sedikit berbeda dengan kebudayaan Jawa Timuran.

Provinsi Jawa Timur dikenal mempunyai kebudayaan dan kesenian yang beragam. Terdapat banyak seni tari di Jawa Timur yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia bahkan dunia.

Tari tradisional menjadi identitas budaya bagi masing-masing daerah di Jawa Timur. Jenis-jenis tariannya pun memiliki gerakan dan maknanya sendiri.

Berikut 4 tari tradisional yang sudah mendunia dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (28/8/2019).

2 dari 5 halaman

1. Tari Reog Ponorogo

Tari Reog Ponorogo merupakan tarian tradisional Jawa Timur yang popularitasnya mendunia. Seni asli Ponorogo ini masih kental dengan hal-hal yang berbau mistis.

Kesenian ini biasanya dipentaskan dalam berbagai upacara adat dan acara pernikahan. Terdapat dua hingga tiga jenis tarian yang ditampilkan, dengan tarian utamanya adalah penampilan penari dengan memakai topeng kepala singa. Uniknya penari mampu membawa topeng yang memiliki berat sekitar 50-60 kilogram.

3 dari 5 halaman

2. Tari Thengul

Tari Thengul merupakan tari tradisional asli Bojonegoro, Jawa Timur. Tari ini terinspirasi dari kesenian wayang Thengul yang berkisah tentang cerita rakyat seperti cerita wayan gedhog. Tari Thengul biasanya dipentaskan oleh penari secara berkelompok dengan gerakan, ekspresi dan kostum yang menyerupai Wayang thengul. 

Tari Thengul biasanya ditampilkan di acara-acara hajatan atau acara budaya yang di gelar Pemerintah Bojonegoro. Namun, kini tari Thengul tampil pada event Thengul International Folklore Festival 2019 yang berskala Internasional.

4 dari 5 halaman

3. Tari Gandrung

Tari Gandrung merupakan tari tradisional khas Banyuwangi. Tarian ini dilakukan sebagai wujud syukur masyarakat setelah panen.Pertunjukan Tari Gandrung disajikan dengan iringan musik khas perpaduan budaya Jawa dan Bali.

Tari Gandrung ini sering dipentaskan mulai dari acara perkawinan, pethik laut, khitanan, tujuh belasan dan acara-acara resmi maupun tak resmi lainnya. Tari tradisional ini juga menjadi kebanggaan masyarakat Banyuwangi yang tak hanya terkenal di Indonesia, bahkan sudah mendunia.

5 dari 5 halaman

4. Tari Remo

Tari Remo merupakan tarian tradisional asal Jombang Jawa Timur. Tarian ini berkisah tentang perjuangan seorang pangeran di medan perang. Pada zaman dahulu tarian Remo yang khusus dilakukan oleh penari laki-laki. Tarian tradisional ini juga digunakan sebagai pembuka dalam pertunjukan Ludruk.

Namun, kini tari Remo ditarikan oleh perempuan, sehingga menimbulkan gaya tari lainnya, yaitu Remo Putri atau Tari Remo gaya perempuan dan banci. Seiring berjalannya waktu, mulai bergeser menjadi tarian menyambut tamu, terutama tamu negara.

Selain itu, tarian ini sering ditampilkan dalam festival seni daerah sebagai upaya melestarikan budaya Jawa Timur.

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Fakta Menarik Tari Remo, Tari Tradisional Khas Jombang
Artikel Selanjutnya
Mengenal 4 Tari Tradisional Khas Malang, Jawa Timur