Sukses

4 Pesona Pulau Sapudi Sumenep, Tempat Eksotis di Madura

Liputan6.com, Jakarta Madura memiliki potensi pariwisata yang tak kalah menarik dari daerah lainnya di Indonesia. Madura memiliki gugusan pulau-pulau kecil dengan panorama alam yang indah. Beberapa pulau di antaranya memang sudah sering dijamah oleh wisatawan seperti Gili Labak, Gili Genting dan Pulau Kangean.

Bila anda berkunjung ke Madura ada satu pulau yang mempunyai pemandangan eksotis dan sayang jika anda lewatkan, yakni pulau Sapudi di Kabupaten Sumenep. Pulau ini sempat diguncang gempa Situbondo pada tahun 2018 lalu, namun gempa tersebut tidak meredam pesona pulau ini. Pulau sapudi masih cantik dan menarik untuk dikunjungi.

Pulau Sapudi terletak di bagian timur pulau Madura, untuk mencapai pulau ini dibutuhkan waktu lebih kurang 30 menit dengan menggunakan kapal. Pulau yang lebih dikenal dengan sebutan pulau podhay oleh masyarakat madura ini menyimpan berbagai keindahan dan keunikan yang sangat menarik untuk dinikmati. Hal ini menjadi pesona luar biasa dari pulau Sapudi.

Berikut 4 pesona Pulau Sapudi yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (30/8/2019).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

1. Padang Lamun

Padang Lamun termasuk perairan yang tergolong dangkal di kepulauan Sapudi. Pemandangan ini bisa kamu lihat jelas ketika air laut sedang surut. Keunikan Padang Lamun di Pulau Sapudi adalah terdapatnya 6 jenis flora yang berbeda. Selain itu, Kamu juga bisa menikmati ikan-ikan kecil, terumbu karang serta hutan mangrove di sekitar kawasan ini.

Tak hanya itu, kamu bisa menyewa perahu laut untuk menikmati Padang Lamun secara keseluruhan. Di bagian barat dan selatan kawasan ini kamu bisa snorkeling dan bermain.

3 dari 5 halaman

2. Hutan Mangrove

Pulau sapudi memiliki hutan mangrove yang hijau dan bertebaran di tepian sungai. Pemandangan hijau inilah yang menjadikan Pulau Sapudi lebih asri sehingga sangat cocok untuk wisatawan yang ingin melepas penat. Selain itu, terdapat fasilitas delma (angkutan umum) buat kamu yang ingin mengelilingi hutan mangrove tanpa khawatir capek.

4 dari 5 halaman

3. Pantai Pabetaan

Di pantai Pabetaan kamu akan merasakan jernihnya pantai dan karang laut dari dasar pantai. Pantai ini sangat cocok digunakan untuk snorkeling. Terumbu karangnya masih alami sehingga wisatawan dilarang membawa alat-alat yang berbahaya bagi ekosistem terumbu karang.

5 dari 5 halaman

4. Dermaga Tarebung

Dermaga Tarebung merupakan sebagai jalan masuk menuju pulau Sapudi. Awal masuk pulau ini kamu akan disambut dengan pemandangan mercusuar yang menjulang tinggi. Mercusuar peninggalan Belanda ini umumnya jadi tempat yang seringkali dipakai oleh beberapa wisatawan untuk berfoto.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS