Sukses

Hadiri Pelantikan Anggota DPRD Jatim, Khofifah Sampaikan Pesan Mendagri

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, agar para anggota DPRD Jawa Timur (Jatim) segera melaksanakan tugasnya dengan baik dan segera memilih pimpinan definitif.

Ia pun menyarankan agar wakil rakyat bisa bertugas sebagaimana fungsinya dan bersinergi dengan pemerintah daerah demi kelancaran pemerintahan. Ia juga berharap para anggota DPRD sadar kalau semua elemen masyarakat menaruh harapan besar untuk didengarkan aspirasinya.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan pesan dari Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang mengingatkan agar wakil rakyat mewujudkan janji kampanye saat Pemilu Legislatif 2019.

"Pak Mendagri berpesan untuk segera mewujudkan janji-janji politik saat masa kampanye dulu," kata dia seperti melansir Antara, Sabtu (31/8/2019).

Sementara itu, Ketua Sementara DPRD Jatim Kusnadi mengumumkan dari 14 daerah pemilihan saat Pemilu Legislatif 2019, terpilih sebanyak 120 anggota dewan yang 21 orang di antaranya adalah perempuan, sedangkan 99 orang lainnya laki-laki.

Dari jumlah itu suara terbanyak pertama diraih oleh Ahmad Iskandar dari Partai Demokrat yang maju melalui daerah pemilihan XIV (Madura) dengan perolehan 251.959 suara.

Lalu anggota dewan peraih suara terbanyak kedua adalah Muhammad Fawait dari Partai Gerindra yang maju melalui daerah pemilihan V (Kabupaten Jember dan Kabupaten Lumajang) dengan perolehan 228.229 suara.

Ketiga, anggota DPRD peraih suara terbanyak adalah Aliyadi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang maju melalui daerah pemilihan XIV dengan perolehan 221.264 suara.

2 dari 3 halaman

Pelantikan Anggota DPRD Jawa Timur

Sebelumnya, 120 Anggota DPRD Jawa Timur (Jatim) periode 2019-2024 akan dilantik pada Sabtu, 31 Agustus 2019. Saat pelantikan, Ketua Pengadilan Tinggi (KPT) provinsi setempat akan bertugas memimpin pengambilan sumpah 120 anggota legislatif DPRD Jatim.

"Untuk pengambilan sumpah pelantikan langsung dilakukan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jatim," tutur dia kepada wartawan di sela gladi bersih pelantikan anggota legislatif di ruang paripurna DPRD Jatim di Surabaya, seperti melansir Antara, ditulis Sabtu, 31 Agustus 2019.

Pelantikan akan dimulai pukul 10.00 WIB dan disaksikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang akan didampingi Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak.

Di tempat sama, Wakil ketua DPRD Jawa Timur periode 2014-2019 Kusnadi mengatakan, 120 wakil rakyat yang baru akan mendapatkan pin emas sebagai penanda pengabdian mereka. "Ada dua nanti yang didapat. Tapi belum tahu kedua pin tersebut memiliki kadar emas berapa karat," ujar politikus PDI Perjuangan itu.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Menko Luhut Ingin Konsultan RI Dapat Evaluasi Kereta Jakarta-Surabaya
Artikel Selanjutnya
Pelaku Industri Tekstil Bakal Pindahkan Pabrik ke Jateng dan Jatim