Sukses

Lewat Inovasi dari Pelajar Sidoarjo Ini, Parkir Kendaraan Hanya 5 Menit

Karya Inovasi hasil karya siswa SMA Muhammadiyah Sidoarjo dinamakan Sarmation atau Smart Parking Based on Navigation, sebuah inovasi sistem parkir pintar yang berbasis lokasi.

Liputan6.com, Jakarta - Berbekal peralatan sederhana, tiga pelajar asal Sidoarjo mampu meraih prestasi yang membanggakan. Dengan meraih juara satu lomba Amicta 2019 yang digelar di Yogyakarta.

Tiga pelajar itu adalah M.Sholikhuddin, Firzatullah Ramadhani dan Syah Tanaya, yang duduk di bangku kelas 11 Jurusan MIPA SMA Muhammadiyah, Sidoarjo.

Karya Inovasi mereka dinamakan Sarmation atau Smart Parking Based on Navigation. Yakni sebuah inovasi sistem parkir pintar yang berbasis lokasi. Sehingga seorang pengendara roda empat yang akan parkir, segera mendapatkan lokasi parkir yang kosong disertai petunjuk lokasi.

Dengan karya inovatif ini, mampu efektifkan waktu. Proses parkir dari 10-17 menit menjadi hanya 5-7 menit. Hal ini dirasa sangat efektif dan mengurangi masalah antrean panjang saat parkir. Hal ini dirasa sangat efektif dan mengurangi masalah antrean panjang saat parkir.

Pihak sekolah juga berharap inovasi ini, bisa segera dipatenkan dan dimanfaatkan di berbagai instansi negeri dan swasta.

"Pengendara hanya perlu tekan tombol yang tertera pada alat, maka akan terkeluar sendirinya dan di dalam kode kombinasi, serta pengendara jadi lebih mudah (parkir-red)," ujar Pelajar SMA Sholikhuddin, demikian seperti ditayangkan dalam program Liputan6.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah Sidoarjo, Wigatiningsih mengakui kesulitan dalam mengurus hak paten. Hal ini karena mahal. "Kalau hak intelektual mudah, tapi kalau paten ribet dan sangat mahal," ujar Wigatiningsih.

Pihak sekolah berharap karya ini setidaknya direspons positif dan nanti dilirik pihak yang mau memfasilitasi dan bekerjasama untuk pengembangan alat tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.