Sukses

Risma Bakal Bersanding dengan Pembicara Kelas Dunia di Forum UNIDO

Wali Kota Surabaya, Tri Rismahari mengikuti forum UNIDO di Austria pada 3-4 September 2019.

Liputan6.com, Surabaya - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini (Risma) akan menjadi pembicara dalam forum Bridge For Cities 4.0 yang digelar oleh United Nations Industrial Development Organization (UNIDO) atau Organisasi Pengembangan Industri Perserikatan Bangsa-Bangsa pada Selasa, 3 September 2019.

UNIDO adalah sebuah badan khusus PBB yang didirikan untuk mempromosikan dan mempercepat perkembangan industrial di negara-negara berkembang dan negara yang sedang dalam masa transisi ekonomi, serta untuk mempromosikan kerja sama industrial internasional. UNIDO bermarkas di Vienna, Austria.

"Dalam forum yang diselenggarakan UNIDO ini, Bu Wali baru pertama kali menjadi pembicara. Beda lagi kalau forumnya PBB, itu Ibu sudah berkali-kali,” kata Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya M. Fikser, Selasa (3/9/2019).

Fikser menuturkan, acara ini akan digelar selama dua hari, yaitu 3 - 4 September 2019. Forum yang digelar di Gedung Vienna International Center Austria itu dihadiri oleh puluhan negara dari berbagai belahan dunia yang merupakan anggota UNIDO.

"Hari ini Bu Wali akan menjadi pembicara dalam sesi kedua yang bertema Anchoring Cities in the Circular Economy: The Role of Digital Technology,” kata Fikser.

Dalam kesempatan itu, Tri Rismaharini akan bersanding dengan pembicara-pembicara kelas dunia. Forum ini akan dipandu oleh Direktur Departemen Lingkungan UNIDO Stephan Sicars.

Sedangkan pembicaranya adalah Direktur Fab Lab Barcelona Tomas Diez, dan Klaus Heidinger yang merupakan Kepala City IT Solutions di Pusat Global Kota Kompetensi Siemens.

"Selain itu, ada pula Wakil Presiden Eksekutif SGS Swiss Roger Kamgaing, Pakar Senior Inovasi Perkotaan Wina Birgit Ginzler, dan Direktur di MIT SENSEable City Lab Carlo Ratti,” ujar dia.

Fikser juga menambahkan, ada tiga fokus diskusi yang akan dibicarakan pada kesempatan itu. Pertama, pengembangan digital teknologi terhadap perkembangan ekonomi di perkotaan. Kedua, mengembangkan potensi digital teknologi untuk bisa diterapkan dalam dunia industri. Ini mulai dari eco-design sampai memasarkan ulang produk industri tersebut.

Ketiga, forum ini juga membahas bagaimana peran pemerintah dalam menghadapi tantangan pembangunan berkelanjutan di sebuah perkotaan melalui eco-design. Selain itu, peran pemerintah terkait perputaran ekonomi yang terintegrasi di sebuah perusahaan dan kota-kota dengan memanfaatkan hubungan baik secara digital maupun jaringan konvensional.

"Tentunya pembahasan Bu Wali nanti akan dikaitkan dengan berbagai hal yang telah dilakukannya selama menjadi Wali Kota Surabaya (Tri Rismaharini),” tegasnya.

Adapun tujuan dari berbagai forum yang digelar oleh UNIDO adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di dunia dengan menata sumber daya global dalam tiga area. Pertama, pengentasan kemiskinan melalui aktivitas produktif. Kedua pembangunan kapasitas perdagangan. Kemudian, ketiga, energi dan lingkungan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bakal ke Filipina

Seusai menjadi pembicara di forum UNIDO,Risma yang juga menjabat sebagai Presiden United Cities and Local Goverment (UCLG) Asia Pasific (Aspac)  ini akan langsung menuju Makati City, Filipina.

Di sana, Risma akan bertemu dengan dewan UCLG ASPAC dan forum pengurangan risiko bencana pada 5 September 2019. Dalam pertemuan itu, mereka akan mendiskusikan sebuah solusi penanggulangan bencana  dan membangun kota tangguh dan berkelanjutan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.