Sukses

Intip Cara Kreatif 3 Lembaga Ini Pakai Momen KKN Desa Penari

Liputan6.com, Jakarta - Cerita KKN Desa Penari ramai diperbincangkan sejak pekan lalu. Unggahan cerita KKN Desa Penari tersebut dilakukan oleh seorang warganet simpleman @simplem8137853.

Admin simpleman bercerita kalau, dirinya mendapatkan kisah dari teman ibunya.  Cerita tersebut dibuat dua thread yang merupakan dari sudut pandang dari dua orang sosok dalam cerita tersebut. Selain itu, simple man ingin lewat cerita yang dibagikan tersebut kalau ada pesan yang tersirat dari cerita misteri KKN Desa Penari.

Cerita misteri tersebut juga menjadi trending dengan tanda pagar #kkndidesa penari dan #kkndesapenari. Warganet berupaya melakukan analisis untuk menemukan lokasi KKN Desa Penari tersebut. Tak hanya lokasi, tetapi juga hutan, budaya dan lainnya berkaitan dengan KKN Desa Penari.

Misteri KKN Desa Penari yang menyedot perhatian masyarakat Indonesia tersebut menjadi inspirasi sejumlah lembaga dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mulai dari mengajak mahasiswa untuk meneliti, menerangi desa, dan sensus. Berikut rangkuman sejumlah lembaga yang kreatif manfaatkan viralnya cerita KKN Desa Penari, Kamis (5/9/2019):

1.LIPI Indonesia

Salah satu lembaga yang memanfaatkan momen KKN Desa Penari yaitu LIPI Indonesia. Lewat akun instagramnya @lipiindonesia memberitahukan kalau LIPI membuka kesempatan kuliah kerja praktek, magang dan praktek kerja lapangan bagi mahasiwa. Di akun instagram tersebut tulisan dibuat KKP Di Desa Peneliti.

Admin LIPI Indonesia juga turut menuliskan #SahabatLIPI agar tidak tersesat seperti Bima dan Ayu #LIPI membuka kesempatan kuliah kerja praktek/magang/praktek kerja lapangan bagi mahasiswa di kampus LIPI Jakarta, Cibinong, Bandung, Serpong serta satuan-satuan kerja#LIPI yang tersebar di seluruh Indonesia. Ajukan surat permohonan dari kampus kepada Pak Prabu…maksud kami, kepala satuan kerja terkait sesuai bidang keilmuan.

LIPI Indonesia membuka kesempatan kuliah kerja praktek (KKP)/magang/praktek kerja lapangan bagi mahasiswa di kampus LIPI Jakarta, Cibinong, Bandung, Serpong serta satuan-satuan kerja LIPI yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pemohon mengirimkan surat permohonan dari sekolah/perguruan tinggi yang ditujukan kepada kepala satuan kerja terkait sesuai bidang keilmuan. Informasi satuan kerja LIPI dapat diakses melalui http://lipi.go.id/#kedeputian.

Surat permohonan dikirimkan paling lambat satu bulan sebelum waktu kerja praktek/magang/praktek kerja lapangan. Isi surat permohonan meliputi: waktu dan lama pelaksanaan kegiatan, nama dan jumlah peserta, penelitian yang akan dilaksanakan.

2.PLN

Beda dengan LIPI, PLN menyampaikan pihaknya terus berupaya listriki desa, agar KKN tak jadi kisah misteri. Admin instagram@ PLN dengan kreatif menangkap momen KKN Desa Penari dan menyebutkan kalau PLN terus berjuang untuk melistriki desa hingga pulau terluar.

Dear Electrizen,

Melistriki desa hingga pulau terluar terus diperjuangkan oleh PLN. Kini banyak yang sudah terang benderang. Tak perlu lagi gunakan pelita. Tak butuh lagi genset hingga batas maksimal jam 9 malam, selebihnya gunakan petromak hingga gelap kembali mencekam.

Dan cerita PLN berjuang melistriki negeri bukan hanya cerita misteri, silahkan buktikan sendiri, banyak berita sana sini, atau cek postingan akun ini. Btw, kalian udah baca thread versi siapa, Gaes?

2 dari 3 halaman

BPS

3. BPS

Tak hanya PLN dan LIPI, BPS juga tak ketinggalan menangkap momen viralnya KKN Desa Penari. Pada unggahan di instagram bps_statistics, Rabu, 4 September 2019, admin BPS menulis soal sensus di Desa Ponari dan petugas sensus.

Admin BPS menulis unggahan, Sensus di desa Ponari.#Statmin Story. #RabuSP kali ini, #Statmin ingin berbagi cerita yang pernah diceritakan oleh #SahabatData dulu. Cerita ini adalah cerita yang #Statmin tulis dari sudut pandang #SahabatData. Kali ini, #Statmin, sudah mendapatkan izin dari yang punya cerita, semoga bisa lebih jelas dibandingkan cerita dari desa sebelah. Percayalah, di mana pun Anda berada, akan tercatat lewat #SensusPenduduk.

#RabuSP ini,#Statmin akan bercerita sebuah cerita dari seseorang, yang menurut #Statmin spesial, kenapa?

Maaf kalau #Statmin sedikit nggak yakin bisa menceritakan setiap detail apa yang dia alami. Jadi buat #SahabatData yang membaca cerita ini, yang mungkin tahu, atau merasa familiar dengan tempat, atau orang ini hanyalah ilustrasi belaka. Dimohon untuk diam saja, atau merahasiakan semuanya karena ini sudah menjadi janji #Statmin dan pemilik cerita.

Saat itu, semua orang sudah bersiap untuk melakukan sensus penduduk terlihat satu orang tampak menyendiri. Bimo, begitu#SahabatData memanggilnya

Di tengah perjalanan menuju desa Ponari tidak ada satupun yang mengajak Biomo bicara. Aneh. Apa semua warga di sana pendiam semua?Apakah Bimo mampu melakukan sensus di sana?

Bimo bahkan mendengar nada-nada lagu yang memanggilnya seperti: Marilah semua sukseskan sensus kita..” Bimo adalah seorang petugas sensus yang religious.

Apa ga ada kerjaan lain, kenapa harus jadi petugas sensus?Begitu tanya Ibu Bimo. Lokasi sensus di sana tempatnya bukannya hutan semua tidak mungkin ditinggali manusia. Namun, Bimo tetap semangat karena dia adalah petugas sensus. Bimo hanya diam saja, matanya fokus pada desa Ponari. Keyakinan Bimo akan desa Ponari ternyata benar. Tidak ada satupun penduduk yang terlewat cacah olehnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Trio Jatim Raih Juara Satu Kompetisi Robotik Madrasah 2019 di Surabaya
Artikel Selanjutnya
Wakil Wali Kota Surabaya Ingin Libatkan Anak Muda Bangun Kota Pahlawan