Sukses

5 Wisata Snorkeling di Jawa Timur yang Bikin Kamu Pengen Segera Liburan

Liputan6.com, Jakarta Indonesia terkenal dengan kekayaan alam biota lautnya yang tersebar di berbagai daerah, salah satunya adalah Jawa Timur. Jawa timur memiliki keindahan alam bawah laut yang sangat mengagumkan dan bisa dibilang sebagai surganya snorkeling.

Terumbu karang yang beragam dan ikan warna-warni tersebar di beberapa kawasan laut di Jawa Timur. Snorkeling merupakan sebuah aktivitas yang cukup wajib saat kamu mengunjungi pantai, karena dengan snorkeling kamu bisa melihat indahnya biota laut.

Jika kamu berkunjung ke Jawa Timur tidak ada salahnya untuk berwisata ke beberapa pantainya dan mencoba kegiatan snorkeling. Tak usah khawatir bila kamu tidak bisa berenang, kamu dapat menggunakan baju pelampung. Namun, tetap berhati-hatilah dan ikuti setiap petunjuk yang ada dalam melakukan snorkeling.

Buat pecinta snorkeling, kamu bisa mencoba beberapa spot snorkeling terbaik di Jawa Timur. Berikut 5 wisata snorkeling di Jawa Timur yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (5/9/2019).

2 dari 6 halaman

1. Pulau Tabuhan

Pulau yang dijuluki sebagai The Hidden Paradise ini terletak di desa Bengkak, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi. Diberi nama Tabuhan karena pulau ini memiliki angin yang cukup kencang sehingga terdengar seperti tabuhan musik.

Air laut di Pulau Tabuhan ini sangat jernih hingga kecantikan biota lautnya dapat terlihat dengan jelas. Jadi sangat cocok untuk melakukan aktivitas snorkeling di sini. Untuk menuju pulau ini kamu dapat menyewa perahu di dekat lokasi. 

3 dari 6 halaman

2. Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna, sesuai dengan namanya air pantai ini memiliki tiga warna yakni kemerahan, biru tua dan biru muda. Pantai ini terletak di desa Tambakrejo, Sumbermanjung Wetan, Malang.

Kawasan Pantai Tiga Warna masih bersih dan alami. Sehingga wisatawan tertarik untuk berkunjung dan melakukan snorkeling. Pantai ini merupakan salah satu surganya snorkeling di Jawa Timur karena memiliki terumbu karang yang masih alami dan sehat serta banyaknya ikan warna-warni yang berenang bebas di perairannya.

4 dari 6 halaman

3. Gili Ketapang

Gili Ketapang merupakan wisata snorkeling yang sudah terkenal di Jawa Timur. Letak pulau ini berada di Selat Madura dan masuk dalam administrasi Kota Probolinggo.

Gili Ketapang ini menyajikan pemandangan bawah air yang sangat indah dan akan membuat pengunjung terpesona dengan warna-warni terumbu karang serta ikan air laut yang menawan. Tempat wisata ini dapat ditempuh dari Pelabuhan Probolinggo menggunakan kapal boat untuk menuju ke pulau tersebut.

5 dari 6 halaman

4. Gili Labak

Jika kamu berkunjung ke daerah Sumenep, jangan lupa untuk mampir ke Gili Labak yang merupakan destinasi unggulan dari daerah tersebut.

Meski luasnya hanya sekitar 5 hektar saja, Gili Labak memiliki keindahan bawah laut yang masih sangat asri dan menakjubkan. Untuk menuju lokasi ini kamu bisa menggunakan kapal dengan perjalanan sekitar 12 km.

6 dari 6 halaman

6. Gili Noko

Gili Noko merupakan sebuah pulau kecil yang terletak berdekatan dengan Pulau Bawean dan dapat ditempuh menggunakan kapal feri dari Pelabuhan Gresik. Pulau ini memiliki pantai yang cocok untuk melakukan snorkeling.

Air laut di Gili Noko sangatlah jernih. Selain itu pulau ini memiliki terumbu karang yang alami karena jarang dikunjungi oleh wisatawan.