Sukses

5 Wisata Pantai di Situbondo, Punya Pemandangan yang Indah

Kabupaten Situbondo menyimpan wisata alam pantai yang indah.

Liputan6.com, Jakarta Wilayah Jawa Timur menjadi salah satu tujuan wisata banyak para pengunjung. Baik dari pengunjung domestik hingga manca negara. Dari sekian banyak daerah yang menyajikan tempat wisata, Situbondo cocok bagi kamu yang suka berwisata alam bersama keluarga maupun bersama teman-teman.  

Kabupaten Situbondo terletak di daerah pesisir utara pulau Jawa, di kawasan Tapal Kuda dan dikelilingi oleh perkebunan tebu, tembakau, hutan lindung Baluran dan lokasi usaha perikanan. 

Dengan letaknya yang strategis, di tengah jalur transportasi darat Jawa-Bali, kegiatan perekonomiannya tampak aktif. Situbondo mempunyai pelabuhan Panarukan yang terkenal sebagai ujung timur dari Jalan Raya Pos Anyer-Panarukan di pulau Jawa yang dibangun oleh Daendels pada era kolonial Belanda.

Lokasi yang strategis dengan memiliki garis pantai cukup panjang, membuat Situbondo memiliki obyek wisata pantai yang tentunya tak kalah dengan kota-kota lainnya. Pantai di Situbindo terkenal dengan pemandangan yang indah serta memiliki situs budaya.

Berikut ini bagi kamu yang ingin mengunjungi Situbondo dan berencana ingin mengunjungi wisata alam dan bahari yaitu pantai-pantai yang indah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (7/9/2019). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Pantai Pasir Putih Situbondo

Sesuai dengan namanya, pantai ini menawarkan hamparan pasir putih yang membentang membentuk lengkungan indah. Pantai Pasir Putih memiliki latar belakang hutan hijau yang masih asri, tak heran jika berkunjung ke tempat ini di pagi hari, suasana akan terasa sejuk dan teduh.

Banyak aktivitas wisata di pantai yang berada di jalan trans Surabaya-Banyuwangi ini, mulai dari menyelam, memancing atau sekadar berkeliling menggunakan perahu nelayan. Disini para pengunjung juga bisa merasakan perahu nelayan yang dilengkapi dengan kotak kaca yang memungkinkan wisatawan untuk melihat keindahan bawah laut tanpa harus menyelam.

 

3 dari 6 halaman

2. Pantai Bilik Situbondo

Pantai Bilik merupakan salah satu pantai Situbondo di dekat perairan Selat Madura yang dihubungkan secuil daratan Pulau Jawa sehingga membentuk cekungan. Secuil daratan ini yang menyebabkan Pantai Bilik tidak memiliki ombak, dan menjadi salah satu pantai di Pulau Jawa dengan sensasi danau yang hening.

Pantai Bilik menawarkan keheningan pemandangan pantai yang memukau. Ombak yang terhalang secuil daratan, dan pemandangan matahari terbenam yang terhalang hutan mangrove Gunung Baluran, menjadikan Pantai Bilik lebih mirip danau ketimbang pantai. Pantai Bilik merupakan lokasi yang tepat bagi mereka yang ingin bersembunyi dari keriuhan dan kebisingan kota. 

4 dari 6 halaman

3. Pantai Lempuyang, Situbondo

Pantai Lempuyang, Situbondo memiliki bentuk bibir pantai yang unik. Pantai yang berada di Area Hutan/Kebun, Sumberwaru, Banyuputih, Situbondo ini memiliki bentuk bibir pantai berbentuk U.

Bagi kamu yang mengunjungi pantai ini, kamu bakal disuguhkan pemandangan yang indah. Pemandangan yang masih asri dan sangat alami, mulai dari air laut, pasir putih hingga terumbu karangnya.

 

5 dari 6 halaman

4. Pantai Balanan, Situbondo

Pantai ini memiliki pasir yang berwarna putih bersih serta air lautnya tampak jernih bak kaca. Sekeliling pantai Balanan akan banyak ditemukan pepohonan serta tebing yang berdiri kokoh dengan indah. 

Kawasan wisata pantai ini masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Baluran. Lokasi wisata ini memang terletak lumayan jauh dari pusat kota, yaitu kurang lebih 30 kilometer atau membutuhkan waktu tempuh setidaknya 1 jam. 

6 dari 6 halaman

5. Pantai Tampora, Situbondo

Pantai Tampora adalah salah satu pantai indah yang berlokasi di kecamatan Banyuglugur. Kamu akan merasakan suasana pantainya yang sangat tenang. Selain itu kamu bisa dengan nyaman menyusuri pantai ini meski lebih pendek daripada pantai lainnya. 

Keunikan dari pantai ini adalah adanya pemandangan batu karang yang bisa kamu jadikan latar belakang saat kamu mengambil foto alias selfie. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini