VIDEO: Aksi Solidaritas Papua dari Siswa TK dan SD

VIDEO: Aksi Solidaritas Papua dari Siswa TK dan SD

Konflik dan kerusuhan yang terjadi di Papua menjadi keprihatinan masyarakat Indonesia. Tak terkecuali pelajar Taman kanak-kanak dan Sekolah Dasar di Gresik, Jawa Timur.

Dalam rangkaian acara manasik haji, seribuan siswa tersebut melakukan longmarch dengan membawa poster dan spanduk solidaritas Papua. Dan mendoakan agar konflik di Papua kembali damai dan aman.

Seribuan siswa gabungan SD YPI Darussalam, dan siswa TK se-Kecamatan Cerme Gresik, Jawa Timur, didampingi gurunya menggelar aksi solidaritas untuk Papua.

Mereka membentangkan poster dan spanduk menyerukan perdamaian, persaudaraan, kepada saudara mereka yang berada di Papua. Karena Papua juga bagian dari NKRI, satu bangsa, dan satu tanah air Indonesia. Mereka juga meminta jangan lagi ada diskriminasi atau rasisme kepada rakyat Papua, sesuai yang dilansir Fokus, 2 September 2019.

Selama ini Indonesia dikenal sebagai bangsa yang menjunjung tinggi semangat keberagaman. Sesuai simbol Bhinneka Tunggal Ika, yakni berbeda-beda tetapi satu jua. Sehingga rakyat Indonesia harus saling menjaga kerukunan dan saling menghormati, antar suku, agama, ras, dan budaya daerah.

Sebelum menggelar aksi solidaritas Papua, para siswa SD dan TK ini menggelar prosesi manasik haji yang digelar oleh pihak sekolah. Mereka belajar praktik bagaimana tata cara umroh dan rukun haji dari awal sampai akhir. Acara ini bertujuan menanamkan ibadah rukun Islam yang kelima sejak dini. Agar mereka memiliki semangat dan cita-cita berangkat ibadah haji dan umroh di tanah suci Makkah dan Madinah.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 08 September 2019, 07:30 WIB

Video Terkait

Spotlights