VIDEO: Pemprov Jatim Kirim Bantuan Logistik untuk Papua

VIDEO: Pemprov Jatim Kirim Bantuan Logistik untuk Papua

Untuk membantu memulihkan kondisi pascakonflik, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, mengirim bantuan logistik ke Papua dan Papua Barat. Bantuan berupa bahan pokok tersebut, dikirim dengan kapal rumah sakit, KRI Soeharso, yang diberangkatkan dari Dermaga Ujung Koarmada ll Surabaya.

Pasca kerusuhan di sejumlah wilayah di Provinsi Papua dan Papua Barat, Pemprov Jawa Timur dengan TNI Angkatan Laut, mengirimkan bantuan bahan pokok, serta tenaga medis, menggunakan KRI Soeharso 990, dari Dermaga Ujung Koarmada ll Surabaya.

Bantuan swadaya masyarakat ini, dilepas Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dan Panglima Armada II Surabaya, Laksamana Muda Mintoro Yulianto. Demikian seperti yang ditayangkan pada program Fokus, 2 September 2019.

Selain memberikan bantuan logistik, kapal rumah sakit, KRI Soeharso ini disiapkan khusus untuk mengantisipasi pelayanan kesehatan di sejumlah rumah sakit di Papua, yang tidak beroperasi pasca kerusuhan.

Dalam misi kemanusiaan bagi Papua dan Papua Barat, dikirim 77 dokter dan tenaga medis. Mereka akan disiagakan membawa obat-obatan untuk jangka waktu satu bulan.

Kedekatan emosional antara Papua dan Jawa Timur terjalin sejak lama. Hampir 80 persen kebutuhan pokok masyarakat Papua hingga saat ini disuplai dari Jawa Timur, bahkan sebagian besar masyarakat Jawa di Papua, berasal dari Jawa Timur.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 08 September 2019, 23:41 WIB

Video Terkait

Spotlights