Sukses

Serunya Komunitas Ontelis Gelar Aksi Cinta Papua di Gresik

Ngontel bareng Cinta Papua, Cinta Indonesia ini, diikuti sebanyak 750 orang pecinta sepeda kuno, asal Gresik, Jombang, Mojokerto dan Sidoarjo.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak ragam ditampilkan masyarakat sebagai perwujudan cinta NKRI. Salah satunya oleh anggota komunitas ontelis, atau pecinta sepeda kuno di Gresik, Jawa Timur.

Ratusan pecinta sepeda kuno ini menggelar ngontel bareng keliling desa balungpangang, kecamatan Balungpanggang, Gresik, sejauh 15 kilometer.  Mengenakan pakaian adat papua, lengkap dengan senjata khas. Tak ketinggalan ada yang mengecat tubuhnya mirip warga Papua dan memasan bendera merah putih di sepedanya.

Aksi simpatik para peserta yang memakai pakaian adat Papua ini, sontak menjadi pusat perhatian  hingga foto bersama.  Darwato, salah satu peserta mengaku, sengaja mengecat tubuhnya dan mengenakan pakaian adat papua karena untuk menegaskan, Papua merupakan bagian dari NKRI dan harus dijaga kedaulatannya.

"Adalah menyatukan Papua saudara kita, Papua Indonesia. Kita jaga persatuan dan kesatuan, kita Bhineka Tunggal Ika,” ujar Camat Balung Panggang M. Jusuf, seperti ditayangkan dalam program Fokus, 5 September 2019.

Ngontel bareng Cinta Papua, Cinta Indonesia ini, diikuti sebanyak 750 orang pecinta sepeda kuno, asal [Gresik](kontribusi ""), Jombang, Mojokerto dan Sidoarjo, Jawa Timur.  Peserta ontelis yang beruntung berhak membawa pulang hadiah utama sepeda ontel kuno, seharga Rp 1 juta hingga Rp 5 juta.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.