VIDEO: Seniman Pasuruan Ini Ubah Limbah Kayu Jadi Kerajinan Unik

VIDEO: Seniman Pasuruan Ini Ubah Limbah Kayu Jadi Kerajinan Unik

Kreativitas seorang seniman sekaligus perajin asal Pasuruan ini, mungkin patut menjadi contoh yang inspiratif. Melalui limbah kayu yang banyak didapat di sekitar rumahnya, ia mampu menghasilkan karya berupa lukisan ukir unik, yang bernilai seni tinggi dan berharga jutaan rupiah.

Berbagai lukisan wajah para tokoh di antaranya: Jokowi dan Ma'ruf Amin, Hasyim Ashari serta Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, ini berupa karya seni lukis unik yang dibuat Saiful Huda, seorang perajin sekaligus seniman ukir, asal Kelurahan Randu Sari, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan.

Selain wajah para tokoh itu, berbagai tema lukisan ukir dibuat Saiful. Termasuk kaligrafi indah bermacam ukuran. Uniknya, lukisan ini dibuat Saiful menggunakan bahan limbah kayu meubel dengan cara berbeda.

Di bengkel kerja yang sederhana di samping rumahnya, Saiful Huda mulai membuat lukisan ukir itu, dua tahun lalu. Berawal dari keinginan mengolah limbah kayu meubel, yang banyak menumpuk di kampungnya. Meski cara Saiful terlihat sederhana, namun butuh keahlian dan keuletan, mulai memotong kayu hingga proses mengeluarkan serat kayu.

Harga lukisan ukir karya Saiful Huda bervariatif, sesuai ukuran dan motif pemesan. Lukisan wajah berukuran panjang 1 mt dengan lebar 60 cm, dijual seharga Rp 1,5 juta. Menurut salah seorang pembeli, lukisan ukir karya Saiful Huda itu terbilang unik dan khas.

Meski hanya terbuat dari limbah kayu mebel, tapi kreasi Saiful Huda itu ternyata telah banyak diminati pembeli. Bahkan ia tak mampu memenuhi banyaknya pesanan yang mencapai 20 lebih sebulan, karena keterbatasan tenaga, demikian dilansir dari Liputan6, 3 September 2019.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 10 September 2019, 22:00 WIB

Video Terkait

Spotlights