Sukses

VIDEO: Polisi Bekuk Lima Buronan Begal Ponsel di Jombang

Liputan6.com, Jakarta - Sejak sebulan menjadi buron polisi, lima orang pelaku begal ponsel di Jombang, Jawa Timur, dibekuk petugas Satuan Reserse Kriminal Polres Jombang.

Dalam aksinya, pelaku tak segan menganiaya korban yang dipaksa masuk mobil yang sudah disiapkan pelaku untuk menjebak korbannya, demikian dilansir program Fokus, 6 September 2019.

Inilah kelima begal spesialis ponsel yang berhasil diciduk Satuan Reserse Kriminal Polres Jombang. Terakhir, mereka beraksi di dua lokasi berbeda yang berada di Desa Tunggorono dan Jombang.

Dalam menjalankan aksinya, kelimanya memiliki peran berbeda. Ada yang bertugas mencari calon korban, serta ada yang bertugas sebagai eksekutor. Salah satu pelaku ada yang masih dibawah umur berperan sebagai eksekutor.

"Jadi modusnya dia, mencari tempat sepi, jika ada korban, dia langsung nyamperin korban yang sedang berjalan kaki, diambil barangnya atau handphone, selagi melakukan perlawanan dia juga memukul korban”, demikian dijelaskan oleh AKP Azi Pratas Guspitu, Kasatreskrim Polres Jombang.

Dalam aksinya, korban dipaksa masuk ke dalam mobil yang telah disiapkan pelaku. Kemudian korban dipaksa menyerahkan handphone dan barang berharga, jika melawan, pelaku tak segan menganiaya. Modus menggunakan mobil dilakukan agar tidak ketahuan saat menjalankan aksi kejahatanya.

Dari tangan pelaku polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa dua ponsel sisa hasil kejahatan, serta mobil pelaku yang digunakan untuk memuluskan kejahatannya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kelima tersangka dijebloskan ke sel tahanan Polres Jombang dan dijerat Pasal 365 Tentang Pencurian Dengan Kekerasan dan diancam 9 tahun penjara.