Sukses

VIDEO: Ingin Bernostalgia di Kota Pahlawan? Yuk Kunjungi Museum Surabaya

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda ingin bernostalgia dengan Surabaya tempo dulu. Mungkin bisa berkunjung ke Museum Surabaya yang berlokasi di Gedung Siola Jalan Tunjungan.

Banyak koleksi kuno dan sarat sejarah disimpan di sini. Mulai dari mesin ketel uap kuno buatan Inggris, piano kuno zaman Belanda, foto pejabat Wali Kota Surabaya sejak zaman Belanda, hingga koleksi lainnya yang mengajak kita bernostalgia dengan Surabaya dari masa ke masa, seperti yang diberitakan pada program Fokus, 6 September 2019.

Museum Surabaya ini diresmikan oleh Wali Kota Tri Rismaharini dan dibuka umum untuk pengunjung pada 3 Mei 2015. Lokasi museum yang berada di pusat Gedung Mall Siola, seolah membuat berbeda dengan museum pada umumnya. Di sini kita diajak melihat lebih dekat kenangan wajah Surabaya dari masa ke masa.

Seperti koleksi foto pejabat Wali Kota Surabaya dari zaman Belanda tahun 1916 hingga sekarang. Juga ada koleksi bersejarah mesin ketel uap buatan Inggris abad 18, yang berfungsi untuk merontokkan bulu hewan ternak. Kemudian ada piano peninggalan bangsawan Belanda tahun 1915 yang dulunya disimpan di Balai Pemuda.

Selain itu, pengunjung juga bisa melihat berbagai koleksi menarik lainnya. Seperti buku catatan kematian dan kelahiran zaman Belanda. Angkutan becak dan angguna tahun 80-an, papan nama jalan di Surabaya, alat pemadam jaman Belanda.

Dari koleksi budaya ada wayang potehi, dan makanan khas Surabaya seperti lontong balap dan tahu campur yang sudah diawetkan sedemikian rupa.

Tujuan awal pendirian museum Surabaya tidak lain untuk menyimpan koleksi barang antik dan sarat sejarah di Kota Pahlawan dari waktu ke waktu. Termasuk pengunjung turis asing atau bule yang juga penasaran ingin melihat wajah Kota Pahlawan tempo dulu di museum ini.

"Museum Surabaya ini adalah peninggalan dari jaman Belanda dan Jepang, jadi bisa dibilang, barang-barang yang ada di Museum Surabaya sempat eksis pada jamannya, belum ke Surabaya kalau belum ke Tunjungan," demikian dikutip dari penjelasan Reza Prasetya, selaku pemandu Museum Surabaya.

Untuk berkunjung di Museum Surabaya, Anda tidak perlu membayar tiket masuk, alias gratis bagi semua pengunjung. Jam buka hari kerja mulai pukul 9 pagi sampai pukul 9 malam. Nah bagi Anda yang ingin bernostalgia dengan masa lalu dan ingin melihat Surabaya tempo dulu silakan datang untuk berkunjung. 

Penasaran dengan museum ini? Yuk tonton videonya