VIDEO: Budidaya Lebah Madu Musiman di Lamongan

VIDEO: Budidaya Lebah Madu Musiman di Lamongan

Hamparan tanaman kangkung yang sedang berbunga milik petani di Lamongan, Jawa Timur. Menjadi berkah bagi pembudidaya atau peternak lebah madu.

Lebah-lebah tersebut menghasilkan madu dari bunga tanaman kangkung dengan menghasilkan tiga hingga empat kuintal madu murni dalam sekali masa panen.

Saat tanaman kangkung berbunga di musim kemarau, menjadi berkah bagi peternak lebah madu musiman, di Lamongan, Jawa Timur. Satu diantaranya adalah Triyono, pembudidaya lebah madu asal kota Kediri. Dirinya sudah hampir sebulan, membudidayakan lebah madu di Desa Balong Wangi, Kecamatan Tikung, Lamongan.

Lebah madu yang dipilih adalah jenis mellifera, yang dikenal produktif dan tidak terlalu sulit dibudidayakan. Untuk tempat lebah madu, Triyono menggunakan enam puluh box yang dipasang di bawah pohon jati, di sekitar tanaman kangkung yang sedang berbunga.

Seperti yang diberitakan Fokus, 10 September 2019,salah satu pembeli, Reni Susilowati, mengatakan dirinya lebih suka membeli madu dari pembudidaya langsung karena mengetahui kwalitas madu aslinya. Selain itu harga lebih terjangkau dibandingkan madu yang dijual di pasaran, dan khasiatnya untuk kesehatan.

Dari 60 box lebah madu milik Triyono ini bisa menghasilkan minimal tiga kuintal sampai empat kuintal setiap panennya, dengan harga jual partai Rp 60 ribu per kilo-nya. Sedangkan harga per botol ukuran kecil Rp 25 ribu, untuk botol besar Rp 75 ribu.

Yuk saksikan videonya

Ringkasan

Oleh Didi N pada 12 September 2019, 09:00 WIB

Video Terkait

Spotlights