Sukses

VIDEO: Warga Asemrowo Surabaya Gelar Pawai Bertema Bhinneka Tunggal Ika

Liputan6.com, Jakarta - Seruan damai NKRI, terus digalakkan pascarusuh di Papua, yang dipicu berita hoaks terkait isu rasisme. Di antaranya dilakukan warga Kelurahan Tambak Dalam, Surabaya, yang menggelar karnaval bertajuk "Save NKRI".

Mengenakan berbagai pakaian adat, ratusan warga berkeliling kampung, sekaligus kampanye untuk terus komitmen menjaga kesatuan bangsa dan negara.

Sebelum diberangkatkan, ratusan peserta pawai kebangsaan yang diikuti oleh warga Tambak Dalam Baru, Kecamatan Asemrowo, Surabaya ini, menyanyikan lagu Indonesia Raya. Peserta pawai tidak hanya orang dewasa, tapi juga diikuti oleh anak-anak.

Seperti diberitakan pada Fokus, 26 Agustus 2019. Pakaian adat dari Papua dan Jawa Timur, sengaja ditampilkan sebagai wujud cinta damai dan menjaga NKRI. Sekaligus untuk menciptakan suasana damai dan kondusif di Jawa Timur. Sesuai dengan tema yang diusung, yakni Jawa Timur dan Papua Bersatu, dan Save NKRI.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana, kegiatan ini diharapkan bisa menciptakan suasana Surabaya yang aman, dan tidak mudah terpengaruh dengan isu, atau kabar hoaks, dari media sosial terkait kerusuhan di Papua maupun di daerah lainnya.

Selain menggunakan berbagai pakaian adat Papua dan Jawa Timur, juga diiringi kesenian khas asal Madura, Wul-Dawul, atau biasa dikenal dengan musik patrol, hingga menambah kemeriahan Pawai Kebangsaan selama berkeliling kampung.