Sukses

Dinas Pendidikan Surabaya Cari Peneliti Belia

Lomba Peneliti Belia merupakan yang ke-7 yang digelar Dinas Pendidikan Surabaya.

Liputan6.com, Jakarta - Lomba Peneliti Belia atau Young Scientists Competition 2019 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Jatim berlangsung di Convention Hall Jalan Arif Rahman Hakim, Surabaya, Jawa Timur pada Kamis hingga Jumat, 13 September 2019.

Kompetisi ini diikuti oleh 259 siswa sekolah menengah pertama (SMP) di Surabaya, Jawa Timur. Kepala Dinas Pendidikan Surabaya M. Ikhsan mengatakan, Lomba Peneliti Belia ini merupakan yang ke-7 yang digelar Dinas Pendidikan Surabaya. Lewat lomba ini, ia ingin melanjutkan tradisi memperoleh medali di ajang serupa tingkat internasional.

"Beberapa waktu lalu Tim Indonesia berhasil memperoleh 1 emas, 3 perak, dan 3 perunggu dalam lomba peneliti belia internasional. Yang dari Kota Surabaya menyumbangkan 1 emas, 2 perak, dan 3 perunggu," kata Ikhsan dilansir Antara, Jumat (13/9/2019).

Pada 2019, ada enam bidang lomba yang diikuti 1.147 siswa dengan jumlah penelitian mencapai 592 dengan perincian bidang komputer 45 penelitian dengan peserta 87 siswa, bidang environmental science 133 penelitian dengan peserta 254 siswa, bidang life science 218 penelitian dengan 431 siswa, matematika 48 penelitian dengan 93 siswa, fisika 45 penelitian dengan 86 siswa, dan sosial 103 penelitian dengan 196 siswa.

Dibanding tahun sebelumnya, kata dia, Lomba Peneliti Belia pada 2019 mengalami peningkatan jumlah penelitian dan peserta. Apalagi terdapat tambahan bidang penelitian baru yakni bidang sosial.

Ikhsan menuturkan, lomba ini diselenggarakan setiap tahun agar pelajar Surabaya dapat mengembangkan bakat di bidang penelitian. Sesuai pesan dari Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, pelajar Surabaya harus difasilitasi dan dipersiapkan sarana pengembangan diri, baik itu di bidang penelitian, olahraga, seni, akademik, dan lain sebagainya.

"Ibu Wali Kota Surabaya selalu berpesan kepada anak-anak untuk mengembangkan diri di bidang apa pun. Sekarang kalian dipersiapkan untuk jadi peneliti dan ini merupakan langkah awal untuk menyiapkan diri sendiri," katanya.

Dengan banyaknya wahana pengembangan diri, kata dia, pihaknya berharap, pelajar Surabaya mampu bersaing dengan anak-anak lain dari seluruh Indonesia, bahkan dunia. Ikhsan menyebut ke depannya, persaingan sudah tidak ada batas lagi. Anak-anak Surabaya harus siap dan pandai menjaga serta mengembangkan diri.

"Pandailah memilih pergaulan, antarteman saling menjaga dan hindari hal-hal tidak baik seperti narkoba. Karena keberhasilan kalian, kalianlah sendiri yang akan mengejarnya. Jangan lupa selalu memohon doa restu kepada orangtua, karena sukses itu tidak lepas dari doa orangtua," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kriteria Penilaian

Sementara itu, Direktur CYS Monika Raharti mengatakan, kriteria penilaian Lomba Peneliti Belia ada dua yakni pertama mengenai latar belakang dan pentingnya penelitian dan kedua meliputi metodologi penelitian yang harus lengkap dan benar.

"Ada 21 juri tingkat universitas yang menilai pekerjaan kalian. Juri berkeliling dan kalian harus berdiri di samping poster, kemudian dengarkan pertanyaan juri," ujar dia.

Monika mengatakan, dari dua penilaian itu akan diumumkan peserta lomba yang menjadi finalis. Para finalis ini selanjutnya akan presentasi hasil penelitiannya pada Jumat 13 September 2019.

"Kepada para juri, harus kita ingat bahwa ini adalah anak-anak SMP, bukan anak SMA atau universitas. Anak-anak SMP harus dilihat idenya, cara berpikir, mungkin bukan kedalaman ilmunya. Para juri diperbolehkan memberikan masukan," tutur dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.