Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

Mengenang Gombloh: Perkara Gitar Ketinggalan Saat Manggung (I)

Liputan6.com, Jakarta - Gombloh adalah penyanyi Indonesia yang populer di era 80-an. Sejak kecil, pria kelahiran Jombang, 14 Juli 1948 ini sudah berwatak mbeling atau dengan kata lain susah diatur. Selain itu, Gombloh juga dikenal dengan sosok yang nyentrik.

Sebuah cerita datang dari sahabat Gombloh, Naniel Yakin pada salah seorang kawan, Guruh Dimas Nugraha (Sekaring Jagad). Dalam cerita yang dilansir dari Surabaya Punya Cerita Vol.1, karya Dhahana Adi, dikisahkan cerita Gombloh yang ketinggalan gitar saat hendak manggung.

Suatu saat Gombloh diundang bermain musik di Jakarta. Tak disangka, ternyata Gombloh lupa membawa gitar. Ia pun akhirnya berbincang dengan Cak Naniel Yakin untuk mencari solusi.

Tiba-tiba watak nyentrik Gombloh pun memunculkan ide. Ia berencana untuk akting bertengkar dengan Cak Naniel agar menarik perhatian panitia acara.

"Niel, awak dewe epok-epok tukaran ae, cekno panitiane gelem nggolek silihan gitar (Niel, kita pura-pura bertengkar saja biar panitia mau nyari gitar untuk bisa aku pakai)!”.

Tanpa berpikir panjang, Cak Naniel langsung menyetujui ide yang dibuat oleh Gombloh. Tak lama setelah itu, mereka berdua mulai akting untuk bertengkar. Gombloh berakting untuk menyalahkan Cak Naniel perkara gitar, sebaliknya Cak Naniel juga menyalahkan Gombloh.

Tak lama panitia acara melihat sandiwara pertengkaran itu. Panitia pun mendekati Gombloh dan Cak Naniel untuk menanyakan persoalan.

Alhasil, panitia pun terpaksa mengusahakan gitar untuk Gombloh. Keesokan harinya panitia meminjamkan gitar akustik untuk dipakai dalam penampilan Gombloh. Acara itu berjalan lancar dan sukses membius para penonton.

"Jancok Mbloh, Mbloh, isok ae koen iku. Untung panitiane kebujuk, dadine panitiane gelem nggolekno gitar gae awakmu. Coba nek enggak (Jancok Mbloh, Mbloh, bisa saja kamu itu. Untung panitianya tertipu, jadi mereka mau mengusahakan gitar buat kamu. Coba kalau mereka tertipu)?”  ucap Cak Naniel mengutip dari buku.

(Kezia Priscilla, mahasiswi UMN)

 

2 dari 4 halaman

Nyanyi Lagu Kugadaikan Cintaku, Video Bule Ini Viral

Sebelumnya, lagu "Kugadaikan Cintaku" tentu sudah tak asing lagi bagi telinga masyarakat Indonesia. Aslinya, lagu ini dinyanyikan oleh mendiang Gombloh dan sempat menjadi tren di era 1980-an dan 1990-an. Rupanya, lagu tersebut sampai juga ke telinga beberapa bule di Amerika Serikat.

Baru-baru ini, sebuah video pria bule sedang menyanyikan "Kugadaikan Cintaku" tengah viral di dunia maya. Dalam videonya, pria berkumis lebat tersebut sedang mengemudi mobil di posisi setir kiri sambil mengenakan baju kemeja biru. Sang bule ini terlihat menghayati lagu ciptaan Gombloh itu.

Video ini menjadi viral di media sosial seperti Facebook dan dibagi serta disukai oleh banyak warganet.

Tampak bule tersebut sangat fasih saat melantunkan setiap bait lagu "Kugadaikan Cintaku". "Di radio, aku dengar lagu kesayanganmu. Kutelepon di rumahmu, sedang apa sayangku...," ia menyanyikan.

Meskipun begitu, logat asli bule tersebut saat menyanyikan lagu Gombloh di era 1980-an itu masih terasa cukup kental. Tak hanya suara, gerak-geriknya selama di dalam mobil pun membuat kita geli.

 

3 dari 4 halaman

Tak Ada Keterangan

Video ini pertama kali diunggah sejak Agustus 2017 di salah satu situs berbagi video dengan memakai akun "Raja Dangdut Dari Amerika".

"Aku tinggal di America dan suka musik Indonesia. Bernyanyi lagu2 Indonesia membantu aku belajar bahasa Indonesia," tulis bule pengguna akun tersebut sebagai keterangan video.

Sayangnya, tak ada keterangan lebih rinci mengenai lokasi diambilnya video tersebut. Bahkan jati diri pria bule tersebut juga tak disebutkan. Bule pemilik akun tersebut juga kerap mengunggah video-video lain saat ia sedang menyanyikan lagu-lagu Indonesia. Lagi-lagi dengan gaya sambil menyetir.

Berkat video ini, pemilik akun langsung dibanjiri oleh pujian dari warganet. "Keren om!" kata seorang warganet. "Hahaha kereen bikin aq ngakak kakakakakak," ujar yang lainnya. "I thought it was lip sync but its real.... great... salut...," tambah warganet lain.

Tak hanya pujian, bule ini pun langsung mendapat request dari warganet. "Jaran goyang om," kata seorang pengguna. "Request song lord, please........ Ebiet G Ade - Berita Kepada Kawan," tulis yang lain.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Kalahkan 15 Negara, Unair Raih Medali Emas Berkat Teknologi Paliatif Pasien HIV/AIDS
Artikel Selanjutnya
Pemkab Gresik Bakal Bangun Taman Holtikultura