Sukses

Kolaborasi PJB dan Warga Andong Biru Lahirkan Kopi Lan Baling

Liputan6.com, Probolinggo - Kolaborasi antara PT Pembangkit Jawa Bali (PJB) dan warga Desa Andong Biru, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, melahirkan sebuah produk kopi Lan Baling yang memiliki cita rasa sangat tinggi. 

Kopi Lan Baling ini juga ikut meramaikan Festival 1000 Kopi yang dilaksanakan pada Kamis- Jumat, 12-13 September 2019, di kawasan Pantai Bhinor, yang juga merupakan kawasan binaan Corporate Social Responsibility (CSR) UP Paiton. 

Sebanyak 1.000 cangkir kopi disajikan secara cuma-cuma bagi seluruh pengunjung yang datang. Festival ini adalah gelaran pertama yang dilangsungkan guna memperkenalkan produk kopi binaan CSR PT PJB, yaitu Kopi Lan- Baling. Kopi ini adalah hasil produksi kelompok binaan CSR yang berlokasi di Desa Andong Biru, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. 

Festival 1.000 Kopi ini juga menjadi ajang untuk saling merekatkan hubungan serta kerja sama yang sudah terjalin dengan baik antara PT PJB UP Paiton dengan para pemangku kepentingan, antara lain pemerintah, masyarakat, kelompok UKM, serta beberapa tokoh-tokoh masyarakat yang ada. 

Sekretaris Perusahaan PT PJB, Muhammad Bardan menyampaikan, Kopi Lan Baling merupakan produk kopi berkualitas tinggi ini adalah hasil nyata dari proses pengolahan dengan teknologi tinggi dan ramah lingkungan. 

"Energi yang dibutuhkan untuk proses pengolahan ini adalah listrik yang dihasilkan dari Pembangkit Listrik Tenaga Micro Hydro (PLTMH) PT PJB. Komposisi ramah lingkungan ini juga didukung oleh penggunaan pupuk organik yang mencapai 75 persen," tutur dia di Pantai Bhinor, Paiton, Probolinggo, Jumat, 13 September 2019. 

Bardan menuturkan, pihaknya ingin mengenalkan produk kopi ke semua elemen masyarakat, sekaligus menjadikan merek kopi ini sebagai salah satu varietas kopi unggulan Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Acara Festival 1000 Kopi ini berlangsung meriah dengan menghadirkan pameran on the spot 11 produk kelompok binaan CSR. Adapun stand tersebut berisi :

1. Kopi "Lang-Baling" Andungbiru

2. Bank Sampah Harapan Kita

3. Kelompok Postaklim

4. Asosiasi Pengrajin Batik Bordir dan Aksesoris Probolinggo

5. Training Center Tri Karya Jadi

6. Udeng Paitonan

7. KUB Sekar Wahyu (9)

8. Bumdes Sumber Kembar (9)

9. KUB AKNA (9)

10. PKK Binor

11. Kampung Kelor 

2 dari 3 halaman

Panorama PLTU Paiton Menambah Keunikan Pantai Binor Harmony di Probolinggo

Sebelumnya, kawasan pantai utara di wilayah Kabupaten Probolinggo seakan tidak ada habisnya untuk dikembangkan menjadi obyek wisata bahari atau wisata pantai, salah satunya Pantai Binor Harmony atau lebih dikenal Pantai Bohai.

Salah satunya dan baru dikembangkan adalah Pantai Binor Harmony atau lebih dikenal wisata Pantai Bohai. Di obyek wisata yang tak kalah menarik tersebut, pengunjung bisa menikmati indahnya panorama pantai dan obyek vital pembangkit listrik tenaga uap, PLTU Paiton.

Selain Pantai Bentar dan Pantai Duta sebagai salah satu tujuan favorit wisatawan di Kabupaten Probolinggo, kini satu lagi destinasi wisata pantai yang tak kalah menariknya, yakni Pantai Bhinor Harmoni atau Bohai di Desa Bhinor, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo.

Di sini, pengunjung bisa merasakan nyaman, dan tenang dengan udara pantai yang segar bisa melepas lelah maupun berwisata bersama keluarga.

Pengunjung yang membawa anak-anak bisa bermain dengan ombak yang tenang dan pantainya yang landai, hingga menjadi daya tarik tersendiri untuk sekadar bermain air dan pasir sambil ditemani orangtunya. Pengunjung juga bisa menaiki perahu motor untuk berkeliling di tengah laut menuju Rumah Apung yang disediakan oleh pengelola.

"Pantainya bersih, ada pohon bakau juga. Bagus ini yang bikin unik, di pantai lain tidak ada itu," ujar salah satu pengunjung Siti Mufarrohah, seperti ditayangkan dalam program Fokus, ditulis Minggu, 1 September 2019.

Pemandangan matahari tenggelam dan bangunan pembangkit listrik tenaga uap, PLTU Paiton saat malam hari dengan lampu-lampu menjadi daya tarik tersendiri. Puas menikmati wisata pantai, pengunjung bisa menikmati aneka makanan laut dan minuman segar kelapa muda di dalam area wisata.

Dengan parkir yang luas, fasilitas tempat ibadah dan tempat istirahat yang tenang, wisata Pantai Bohai ini cocok dijadikan lokasi istirahat sambil berwisata bersama keluarga.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini