Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

VIDEO: Warga Sidoarjo Raup Untung Besar Berkat Beternak Ayam Hias

Liputan6.com, Jakarta - Suka memelihara ayam sejak kecil, M. Ridwan atau biasa dikenal dengan Sony warga Perum Taman Jenggala, Sidokare, Sidoarjo ini sejak dua tahun lalu, mulai mencoba peruntungan beternak ayam hias dari Eropa.

Tak hanya membeli ayam dalam bentuk indukan, tetapi warga Sidoarjo ini, awalnya hanya berbekal membeli 20 telur dari seorang temanya di Turki, dengan jenis American Silkie dan Brahma.

Telur ayam tersebut kemudian, berhasil ditetaskan di rumahnya. Tak mudah memang, dari 20 telur yang dibelinya, ternyata hanya 40 persen yang menetas. Meski begitu, Sony tak patah arang dengan selalu terus belajar, bagaimana cara mengelola dan menetaskan ayam hias tersebut.

Hingga berhasil, dan kini sudah ada 100 ekor ayam berbagai jenis. Mulai jenis American Silkie, jenis Brahma, Poland Walik, Poland Kapas, Hantam Chocin dan berbagai jenis ayam Eropa lainnya dipelihara dan dikoleksinya saat ini.

"Yang paling mahal saat ini American Silkie, Rp. 1,5 juta anakan dan yang indukan Rp 15 jutaan," kata Sony.

Untuk saat ini jenis ayam yang pailng digemari dan diminati yakni American Silkie karena bulunya yang lembut bersih dan menggemaskan. Bahkan untuk harga jualnya untuk anakan American Silkie dipatok seharga Rp 1,5 juta, sementara indukan berkisar di angka Rp 15 juta rupiah.

Berkat hobinya, saat ini keuntungan yang didapatkan warga Sidoarjo ini terbilang fantastis. Dalam satu bulan keuntungan yang didapat berkisar lima hingga puluhan juta rupiah, bergantung dari permintaan penghobi maupun pembeli yang tertarik pada koleksi ayamnya, demikian diberitakan Fokus,Kamis 12 September 2019.