Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

Wisata Alam di Gresik, Ada Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Anda ingin berwisata ke Gresik, Jawa Timur? Kalau iya, ada sejumlah wisata yang dapat dilakukan di kota wali ini.

Wisata tersebut mulai dari wisata alam, wisata religi, wisata buatan, wisata budaya dan wisata kuliner. Pilihan wisata ini tergantung Anda yang memilih. Bila Anda memilih wisata alam, ada sejumlah pilihan yang bisa jadi pertimbangan. Berikut wisata alam yang dapat dijelajahi di Gresik, Jawa Timur, seperti dilansir dari laman disparbud Gresik, Minggu (15/9/2019):

1.Bukit Jamur

Cobalah mengunjungi salah satu wisata alam Gresik saat ini yang sedang naik daun, yaitu Bukit Jamur Gresik. Pemandangan unik ini akan membuat anda seakan sedang berlibur ke planet lain. Bukit Jamur berlokasi di Desa Bungah, Kecamatan Bungah, Gresik. Lokasi berjarak 1,5km dari pertigaan Bungah-Dukun.

Awalnya bukit ini bernama Bukit Dakar namun berganti menjadi Bukit Jamur karena penampakan alamnya. Fenomena Bukit Jamur ini disebut mushroom rock, dan berdasarkan hasil dari berbagai sumber, bukit ini terbentuk dari sisa penambangan beberapa tahun lalu terkikis oleh angin secara alami. Dipadukan dengan kondisi tanah gersang dan jarangnya pepohonan semakin menambah kesan jika Bukit Jamur ini seolah bukan penampakan lazim di bumi.

 Untuk memasuki wisata Bukit Jamur Gresik ini pengunjung hanya perlu membayar parkir sebesar Rp3 ribu untuk motor dan Rp10 ribu untuk mobil. Wisata ini buka di setiap hari dari jam 6 pagi sampai 5 sore. Pengunjung biasanya mengabadikan fenomena yang ada Bukit Jamur dengan berfoto dan menjadi konten yang instagrammable.

 

(Tito Gildas, Mahasiswa Kriminologi Universitas Indonesia)

2 dari 3 halaman

Desa Randuboto

2. Desa Randuboto

Muara Bengawan Solo Randuboto, salah satu daya tarik wisata baru yang ada di Desa Randuboto, Kecamata Sidayu, Gresik.

Tempat ini sekitar kurang lebih 15 km dari pusat kota ke arah utara. Di tempat ini ditemui wisata pedesaan yang menawarkan pesona alam pesisir sungai Bengawan Solo dengan cara menaiki “kapal pesiar” yang dibuat dan didesain menyerupai kapal pesiar dengan kapasitas penumpang 40 orang untuk menyusuri aliran sungai Bengawan Solo.

Selain itu, juga dapat ditemui hutan mangrove dan kolam pancing serta kuliner olahan seafood khas pesisiran. Pemerintah Desa Randuboto melalui Bumdesnya.

Desa Randuboto memiliki kegiatan tahunan berupa atraksi wisata yang disebut Visit Randuboto dengan sejumlah kegiatan antara lain Festival Perahu Hias, Menari di Atas Air, Festival Kuliner, dan memancing,

3.Muara Bengawan Solo

Di tempat ini berwisata dengan menyusuri sungai/muara Bengawan Solo Pangkah Wetan. Wisata ini menjadi daya tarik wisata yang memanfaatkan pesona pesisir sungai Bengawan Solo dengan hutan mangrove dan ekosistemnya.

Wisata susur sungai/muara Bengawan Solo Pangkah Wetan ini terletak di Desa Pangkah Wetan, Kecamatan Ujung Pangkah, Gresik. Lokasi obyek ini sekitar 2 km menyeberangi sungai/muara Bengawan Solo dari kecamatan Ujung Pangkah.

 

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Kalahkan 15 Negara, Unair Raih Medali Emas Berkat Teknologi Paliatif Pasien HIV/AIDS
Artikel Selanjutnya
Pemkab Gresik Bakal Bangun Taman Holtikultura