Sukses

Pilihan Tempat Wisata Kuliner hingga Sejarah di Surabaya

Liputan6.com, Surabaya - Grup musik asal ibu kota Andra and The Backbone tampil perdana di acara Bistar Jazz Traffic Festival 2019 yang digelar Suara Surabaya di Atlantis Land, Kenjeran Park, Surabaya, Sabtu, 14 Agustus 2019.

Vokalis Andra and the Backbone, Dady Lisan mengapresiasi Surabaya, Jawa Timur memiliki tempat dan area besar untuk pertunjukan musik.

"Surabaya keren punya tempat yang luas seperti ini untuk konser musik," tutur Dady usai menyanyikan lagu berjudul Sempurna.

Dady menambahkan, Surabaya juga kaya wisata kuliner. "Habis dari Surabaya pasti badan jadi gendut," ujar Dady.

Bicara soal Surabaya, kota ini memiliki beragam destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi semua kalangan. Sebagai Kota Pahlawan, Surabaya memang terkenal dengan destinasi wisata sejarah dan budayanya serta wisata kulinernya.

Berikut adalah lima tujuan wisata liburan seru dan menarik serta kuliner di Surabaya yang bisa Anda kunjungi bersama teman maupun keluarga:

1. Kenjeran Park

Liburan ke Surabaya tak lengkap kalau tidak mengunjungi Kenjeran Park. Suasananya mirip seperti Ancol Jakarta, selain memiliki pantai yang indah, juga tersedia berbagai wahana dan spot-spot menarik untuk berfoto.

Salah satu destinasi Kenjeran Park yang wajib Anda datangi adalah Atlantis Land Park yang mengusung konsep petualangan ala Disneyland.

Wahana di Atlantis Land terbagi dalam dua jenis yakni wahana air dan non air. Di wahana air, Anda bisa mengunjungi Atlantis Waterland, Tornado Slide dan Boomerang Slide. Untuk wahana non air lebih banyak lagi.

Ada sekitar 32 wahana permainan yang bisa kamu coba mulai dari Dino Land, Misteri Atlantis, Carousel, dan Music Express. Ada juga Istana Es, Istana Patung Lilin, Wave Swinger, Happy Car hingga Bumper Car. Untuk wahana permainan yang menantang kamu bisa mencoba Swing Drop, Viking, Blizzard, dan Dark Coaster.

Di Atlantis Land, Anda juga bisa menemukan spot foto yang instagrammable seperti tempat peribadatan Budha dan Konghucu yaitu Pagoda Tian Ti, Patung Budha Empat Wajah, Klenteng Sanggar Agung dan Patung Dewi Kwan Im.

Di belakang klenteng itu terdapat sepasang patung naga yang bisa dijadikan tempat untuk foto dengan pemandangan Pantai Kenjeran yang sangat memukau.

2. Tugu Pahlawan

Liburan ke Surabaya rasanya belum afdol kalau tidak mengunjungi mengunjungi Tugu Pahlawan. Bangunan ikonik di Surabaya ini adalah salah satu yang paling terkenal dan gratis. Kunjungi Tugu Pahlawan dan masuklah ke museum 10 November-nya.

Dari Tugu Pahlawan, Anda bisa bergeser ke Monumen Kapal Selam yang berdiri kokoh di samping bantaran sungai dan Jalan Pemuda. Tempat ini sangat menarik dikunjungi karena jarang sekali kita melihat kapal selam sesungguhnya, baik tampak luar maupun dalam.

Kalau ke Surabaya, jangan lupa untuk menikmati kuliner khasnya mulai dari nasi cumi, sego sambel, lontong balap, rawon, pecel rawon, rujak cingur, hingga tahu campur Surabaya.

2 dari 3 halaman

Rawon

3. Rawon Setan

Berlokasi di Jalan Embong Malang nomor 42 Surabaya,  Rawon Setan Mbak Endang adalah depot rawon setan yang asli dan pertama di Indonesia. Julukan “Setan” ada dalam namanya karena warung ini hanya buka di malam hari saja.

Mengutip info dari akun instagram @surabaya_foodies, warung rawon ini buka setiap hari, mulai dari pukul 12:00 hingga 01:00. Daging rawon yang disajikan di sini cukup besar dan empuk. Cita rasa kuahnya yang nendang juga selalu berhasil memikat pengunjung. 

4. Rujak Cingur Genteng Cak Durasinya

Berdiri sejak 1943, warung rujak cingur di Jalan Genteng Surabaya ini melegenda dan terus turun menurun.  Rujak Cingur Genteng Durasim memakai paduan kacang, petis atau olahan udang ebi, dan cingur yang kenyal dan lezat.

Selain itu, rujak cingur di sini juga dipadukan dengan lontong dan beberapa sayuran seperti tauge, kangkung, dan kacang rebus. Juga terdapat potongan buah pepaya, nanas, mentimun dan buah lainnya. Harga rujak cingur di warung ini berkisar Rp 30 ribu sampai Rp 50 ribu. 

5. Sego Sambel Mak Yeye

Warung makan ini sudah berdiri sejak 1982 di Jalan Jagir Wonokromo Wetan nomor 12 oleh pendirinya yang bernama Ibu Supiyani atau lebih dikenal Mak Yeye.  Sego Sambel Mak Yeye ini memiliki rasa sambel yang sangat khas. Mengutip dari Food Report Surabaya oleh Surabaya Food Patrol, di sana juga terdapat lauk pauk seperti iwak pe atau ikan pari, ikan lele, dan telur dadar yang rasanya juga tidak perlu diragukan lagi. Sangat gurih dan pas di lidah! Warung ini hanya buka di jam malam, yaitu pukul 21.00-04.00 pagi. 

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Trio Jatim Raih Juara Satu Kompetisi Robotik Madrasah 2019 di Surabaya
Artikel Selanjutnya
Wakil Wali Kota Surabaya Ingin Libatkan Anak Muda Bangun Kota Pahlawan