Sukses

LIVE STREAMING:PELANTIKAN PRESIDEN JOKOWI & WAPRES MA'RUF AMIN

VIDEO: TNI Unjuk Alutsista Pertahanan Udara kepada Masyarakat Sipil

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai cara dilakukan untuk menumbuhkan sikap nasionalisme, serta kecintaan terhadap Patriot Bangsa. Seperti dilakukan Kodam V Brawijaya, melalui Batalyon Arhanudse-8, di Sidoarjo, Jawa Timur.

Aparat TNI mengenalkan aneka Alutsista Pertahanan Udara, serta senjata lain, kepada keluarga tentara. Tak hanya mengenal senjata, mereka juga diberi kesempatan bongkar pasang senapan serbu, seperti dilansir program Fokus, 13 September 2019.

Meski hidup dan kesehariannya di lingkungan TNI, para keluarga prajurit TNI belum biasa dengan Alutsista. Seperti yang dilakukan puluhan keluarga tentara yang mendatangi Lapangan Batalyon Arhanudse-8, di Gedangan Sidoarjo. Batalyon dibawah Kodam V/Brawijaya itu, merupakan Kesatuan Pasukan Tempur TNI AD, dalam Pertahanan Udara Sederhana.

Di sini, masyarakat sipil dari keluarga TNI dikenalkan Alutsista Pertahanan Udara. Di antaranya meriam canggih Multi Mission System, yang diangkut kendaraan Vamtac, meriam berlaras panjang jenis S-60, dan beberapa meriam lainnya.

Selain dikenalkan berbagai jenis Alutsista Pertahanan Udara, keluarga tentara itu juga diajarkan bongkar pasang Senapan Serbu, SS-1, buatan pindad. Jenis senapan serbu buatan anak negeri ini sangat cocok untuk pertempuran jarak dekat. Desain yang simpel, membuatnya mudah dioperasikan.

"Kegiatan ini sebagai bentuk kedekatan TNI dengan rakyat. Dengan mengenal Alutsista TNI, diharapkan makin tumbuh cinta terhadap NKRI, serta para Patriot Penjaga Bangsa," ujar Asisten Teritorial Kepala Staf, Aster Kasdam, Kodam V/Brawijaya, Kolonel Infanteri Singgih Pambudi

Selain mengenal senjata, masyarakat sipil dari keluarga tentara ini juga diberi wawasan kebangsaan. Mereka diminta waspada berbagai ancaman perpecahan bangsa, melalui perantara organisasi radikal, serta berbagai hoaks di media sosial.