Sukses

437 Jemaah Haji Kloter Terakhir Debarkasi Surabaya Tiba

Kloter terakhir jemaah haji 2019 Debarkasi Surabaya tiba di Tanah Air dengan selamat pada Minggu 15 September 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Kloter terakhir jemaah haji 2019 Debarkasi Surabaya tiba di Tanah Air dengan selamat pada Minggu 15 September 2019. Saat tiba, mereka mendapat pelayanan fast track imigrasi dan bagasi dari Madinah.

Sebanyak 437 jemaah asal Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Pamekasan Madura dan sejumlah daerah lain ini tergabung dalam kloter 85, atau kloter terakhir pada tahun ini.

"Selamat datang jemaah haji kloter 85 yang merupakan kloter terakhir di Debarkasi Surabaya," ujar Kepala Biro Administrasi Kesejateraan Sosial Pemprov Jawa Timur Hudiono yang menyambut di Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

Pada kesempatan tersebut, Hudiono yang mewakili Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa berharap seluruh jemaah mampu meningkatkan nilai-nilai ibadah sosial di tengah-tengah masyarakat.

"Semua jamaah haji semakin meningkat kualitas dan kuantitas ibadahnya, serta meningkatkan nilai-nilai ibadah sosial," ucap dia dilansir Antara, ditulis Senin (16/9/2019).

Selain itu, diharapkan para jemaah haji debarkasi Surabaya dapat memberikan manfaat tidak hanya bagi diri sendiri, tapi juga bagi masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya.

"Sebagai haji, juga diharapkan dapat memberikan inspirasi positif bagi masyarakat, minimal di lingkungannya," kata pejabat yang juga Plt Kepala Dinas Pendidikan Jatim tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyelenggaraan Haji Berjalan Baik

Sementara itu, Plt Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Mochammad Amin Mahfud yang turut serta mendampingi dalam penyambutan itu bersyukur penyelenggaraan haji pada 2019 berjalan lancar.

"Apresiasi juga kepada media massa yang telah memberikan informasi kepada masyarakat tentang penyelenggaraan haji di Embarkasi maupun Debarkasi Surabaya," ujar dia.

Sekretaris PPIH Embarkasi dan Debarkasi Surabaya Jamal menyampaikan, pada 2019, melayani keberangkatan 38.066 orang calon jemaah haji yang terbagi dalam 85 kloter. "Semoga penyelenggaran haji pada tahun berikutnya dapat terselenggara dengan lebih baik," tutur dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.