Sukses

LIVE STREAMING:PELANTIKAN PRESIDEN JOKOWI & WAPRES MA'RUF AMIN

VIDEO: Sampah Popok Menumpuk di Sungai Mojokerto

Liputan6.com, Jakarta - Meski sudah gencar dilakukan kampanye bersih lingkungan, namun kebiasaan buruk masyarakat membuang sampah ke sungai tetap saja terjadi. Seperti di aliran sungai di Mojokerto, Jawa Timur banyak ditemukan timbunan ribuan sampah popok bayi sekali pakai, demikian tayangan videonya pada Liputan6, Senin 16 September 2019.

Seperti inilah kondisi sungai di Desa Sidorejo, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Ribuan sampah popok bayi menimbun aliran Sungai Kwagen yang merupakan anak Sungai Surabaya tersebut.

Popok-popok bayi bekas sisa pakai ini menumpuk tak bisa hanyut seiring menyusutnya debit air sungai akibat musim kemarau. Sehingga popok-popok bayi ini hanya terapung dan menimbulkan aroma tak sedap.

Aliran sungai yang banyak dipenuhi sampah popok bayi ini, mengundang keprihatinan aktivis lingkungan yang tergabung dalam Brigade Evakuasi Popok. Mereka-pun mengais popok-popok bayi yang menumpuk di sungai. Karena jika tidak segera dievakuasi, akan mencemari sungai karena tidak bisa terurai. Apalagi kandungan residu mikroplastik, membahayakan bagi kesehatan manusia dan bisa merusak ekosistem sungai.

"Sudah enam tahun kondisi seperti ini, sampah berupa popok dan sampah rumah tangga yang dibuang," ujar Mariono, salah seorang warga setempat.

"Pembuangan sudah berlangsung lama, dan karena saat ini musim kering, jika musim hujan maka sampah-sampah ini akan hanyut ke sungai Surabaya, dan perkiraan sekitar 1.000 buah lebih popok," kata Aziz, Aktivis Lingkungan yang memunguti sampah popok-popok tersebut.

Pihak aktivis lingkungan berharap pemerintah setempat bisa segera menangani masalah pencemaran air sungai ini serta gencar dilakukan penyuluhan mengajak warga tidak membuang sampah ke sungai.