Sukses

LIVE STREAMING:PELANTIKAN PRESIDEN JOKOWI & WAPRES MA'RUF AMIN

3 Makanan Khas Jawa Timur, Sayang Bila Tak Dicoba

Liputan6.com, Jakarta - Bicara soal kuliner, Indonesia memang jagoannya.  Cita rasa dari makanan khas yang tersebar di nusantara ini memang sangat kaya dan tak perlu diragukan lagi.

Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas-nya tersendiri. Tak heran bila selain menjadi wisata alam, Indonesia juga menjadi tujuan wisata kuliner.

Jawa Timur adalah salah satu provinsi yang menyimpan banyak makanan khas. Sayang sekali bila hidangan khas ini tak sempat dicoba saat berkunjung ke Jawa Timur.

Berikut ini adalah tiga makanan khas Jawa Timur dari berbagai daerah yang Liputan6.com rangkum dari Peta Kuliner Trans Jawa, Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Rabu (18/9/2019):

1. Rujak Soto, Banyuwangi

Warga Banyuwangi pasti sudah familiar dengan makanan Rujak Soto. Makanan ini memang sudah terkenal sebagai makanan khas dari daerah Banyuwangi, Jawa Timur.

Rujak Soto adalah paduan antara rujak sayur dengan soto. Soto yang digunakan bisa soto daging (daging sapi) atau soto babat.

Biasanya rujak disajikan terlebih dahulu, kemudian disiram dengan kuah soto berikut dagingnya. Campuran antara unsur soto dan rujak dengan aroma terasinya membuat makanan ini memiliki rasa yang khas. Biasanya makanan ini disajikan dengan es temulawak. 

Salah satu kedai yang menghidangkan rujak soto adalah “Rujak Soto Mbok Mbret”. Kedai ini berlokasi di Jalan Raya Jember nomor 72, Banyuwangi.

2. Nasi Pecel Lethok, Ngawi

Kuliner khas kali ini datang dari Kota Bambu atau Ngawi. Salah satu kuliner kota tersebut adalah menu pecel dengan tambahan lethok. Kekhasan Nasi Pecel Lethok adalah disajikan dengan pincuk daun jati.

Salah satu warung nasi pecel lethok di Ngawi adalah “Nasi Pecel Lethok Mbah Jan”. Dengan menjaga budaya penyajian pecel lethok menggunakan daun jati membuat warung ini pernah dinobatkan oleh Kabupaten Ngawi sebagai Kuliner Terfavorit Khas Ngawi. 

Warung Pecel Lethok Mbah Jan ini terletak di Jalan Trunojoyo, Ngadirejo, Central Karang, Kecamatan Ngawi, Jawa Timur. Warung ini buka mulai hari Senin hingga Sabtu pukul 06:00 WIB hingga 12:00 WIB dan tutup pada hari Minggu.

3. Nasi Becek, Nganjuk

Kuah berwarna kuning dengan campuran santan membuat nasi becek seringkali dianggap sebagai soto daging. Padahal bila sudah dicoba, akan terasa perbedaan dari rasanya. 

Perbedaan nasi becek dengan soto daging terletak dari sambal kacang khas Nganjuk yang selalu dihidangkan bersamaan dengannya. Nasi becek memiliki lauk sate kambing yang telah dilepas dari tusuknya. 

Bila ingin mencicipi, berkunjunglah ke Warung Nasi Becek dan Sate Kambing yang terletak di Jalan Dokter Soetomo, Payaman, Kecamatan Nganjuk, Jawa Timur. Warung ini buka setiap hari mulai dari pukul 09.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB.

(Kezia Priscilla, mahasiswi UMN)

2 dari 3 halaman

Menyantap Nasi Krawu Khas Gresik di Surabaya

Sebelumnya, Jawa Timur kaya kuliner. Di provinsi yang dipimpin Gubernur Khofifah Indar Parawansa ini, dapat ditemui sejumlah makanan khas mulai dari rawon, rujak cingur, nasi bebek, soto, dan nasi krawu Gresik.

Nasi krawu merupakan salah satu masakan khas dari Gresik, Jawa Timur.  Masakan ini terdiri dari potongan daging daging sapi yang sudah dibumbui. Ditambah sambal terasi dan serundeng serta lauk pauk lainnya.

Asal nama krawu adalah masakan dari krawu kelapa ini. Serundeng kelapa dan bumbu manggut memberikan rasa di nasi krawu selain dari krawu.

Makanan khas asal Gresik ini juga dapat dijumpai di Surabaya, Jawa Timur. Ingin mencoba masakan nasi krawu di Surabaya? Mengutip buku Food Report Surabaya by Surabaya Food Patrol, berikut tempat makan yang sediakan nasi krawu di Surabaya:

1.Nasi Krawu Ibu HJ. Suliha

Tempat makan ini buka dari pukul 06.00-11.00 WIB. Letaknya di Jalan Indrapura. Tempat makan ini menyediakan nasi krawu yang dikemas rapi dalam bungkusan yang terbuat dari daun pisang. Nasi ini terdiri dari serundeng, daging suwir dan sambal.

2.Nasi Krawu Mbak Su

Tempat makan ini buka dari pukul 06.00-15.00 WIB. Tempat makan ini berada di Jalan Dharmahusada Nomor 108 B. Cabang lain dapat ditemui di Jalan Darmo Permai 3.

Nasi krawu ini paling terkenal di Gresik. Mbak Su berjualan nasi krawu secara keliling pada 1950-an, menjunjung dagangan nasi krawu di atas kepalanya. Kini anak-anaknya meneruskan usaha mbak su.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Tim SAR Gabungan Evakuasi 4 Pendaki Terjebak Kebakaran Gunung Ranti
Artikel Selanjutnya
6 Potret Sony Dwi Koncoro Bersama Keluarga, Sosok Ayah Idaman