VIDEO: Banyuwangi Gelar Savana Duathlon 2019 di Taman Nasional Alas Purwo

VIDEO: Banyuwangi Gelar Savana Duathlon 2019 di Taman Nasional Alas Purwo

Pernahkah Anda mendengar nama Alas Purwo di Banyuwangi, Jawa Timur. Jika selama ini, hutan Alas Purwo di Banyuwangi lebih dikenal dengan kisah angkernya, namun kini, sebutan itu mulai berubah, seiring adanya spot wisata hutan di Ujung Timur Pulau Jawa itu.

Bahkan, kawasan itu mulai digunakan tempat olahraga, seperti kompetisi lari dan bersepeda, dengan tajuk Savana Duathlon.Untuk pertama kalinya, kompetisi olahraga lari, dan bersepeda sekaligus diselenggarakan dalam Banyuwangi Savana Duathlon 2019, di Taman Nasional Alas Purwo, Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi.

Kompetisi ini sengaja digelar di hutan yang selama ini dikenal kisah mistisnya, agar masyarakat lebih mengetahui sisi indah belantara di Ujung Timur Pulau Jawa itu, demikian seperti tayang pada Liputan6, Selasa, 17 September 2019.

Sebanyak 54 peserta dari dalam dan luar negeri antusias mengikuti olahraga yang menyajikan perlombaan lari dan bersepeda dengan total jarak tempuh sejauh 40 km. Setelah tantangan berlari di lintasan yang berkelok-kelok berhasil ditaklukkan, peserta harus melanjutkan kompetisi dengan bersepeda menuju kawasan Rowo Bendo, dan kembali menuju garis finish di tempat semula, dengan berlari.

Sepanjang perjalanan, para atlet menyusuri rute, melintasi medan aspal yang membelah alas purwo Banyuwangi, hingga trek sempit di antara rimbunnya pepohonan yang menjulang tinggi. Sejuknya hawa hutan, dan suara kicauan burung menjadi latar yang membuat kompetisi ini terasa istimewa. Atlet asal Lamongan, akhirnya berhasil menjuarai kegiatan ini.

Alas purwo kini sudah berstatus sebagai Geopark Nasional serta menjadi Cagar Biosfir Dunia. Dengan luas 44.037 ha banyak keindahan yang bisa dinikmati di hutan ini, di antaranya beraneka macam flora, dan fauna, yang terdiri dari sekitar 700 flora, 50 jenis mamalia, 320 burung, 15 jenis amfibi, dan 48 jenis hewan reptil.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 18 September 2019, 16:00 WIB

Video Terkait

Spotlights