Sukses

LIVE STREAMING:PELANTIKAN PRESIDEN JOKOWI & WAPRES MA'RUF AMIN

VIDEO: Pemuda Asal Jember Sulap Limbah Kayu Jadi Karya Seni Pirografi

Liputan6.com, Jakarta - Sisa potongan kayu yang biasanya hanya berakhir sebagai kayu bakar, dimanfaatkan sebagai media lukis goresan bara api yang bernilai seni tinggi.

Sketsa wajah tokoh dunia termasuk deretan Presiden Indonesia, tertuang begitu artistik dalam seni dekorasi Pirografi dari bahan kayu ini, berikut tayangan video Liputan6, Selasa 17 September 2019.

Di rumahnya di Desa Panduman, Kecamatan Jelbuk, Jember, Rudi Raharja bersama sejumlah rekannya setiap hari sibuk dengan tumpukan kayu sisa limbah pabrik. Namun bukan dijadikan sebagai kayu bakar, melainkan disulapnya menjadi bahan kerajinan Pirografi.

Pirografi sendiri adalah karya seni dekorasi dari bahan kayu, yang digunakan sebagai media lukis menggunakan teknik goresan bara api. Sebagai alat lukis, Rudi hanya memanfaatkan peralatan sederhana berupa rangkaian elektronik, yang mampu mengubah aliran listrik menjadi logam panas.

Layaknya kuas pada kanvas, ujung logam yang membara itu mampu menghasilkan lukisan indah pada potongan kayu. Ragam lukisan indah berupa sketsa wajah pun tercipta. Tak hanya tokoh-tokoh dunia, juga karya deretan wajah Presiden Indonesia dari berbagai periode.

Ide menciptakan seni kerajinan pirografi ini dikembangkan secara mandiri sejak empat tahun lalu. Berawal dari melimpahnya, limbah potongan kayu, terutama dari pabrik-pabrik meubeler di sekitar desa, sekaligus sebagai wadah kreatifitas pemuda setempat.

Harga untuk satu buah kerajinan pirografi sketsa wajah sendiri bervariasi antara Rp 50 ribu hingga Rp 200 ribu, tergantung ukuran dan tingkat kesulitannya.

Yuk saksikan videonya