Sukses

LIVE STREAMING:PELANTIKAN PRESIDEN JOKOWI & WAPRES MA'RUF AMIN

Kabut Asap, NAM Air Batalkan Penerbangan hingga Kamis

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura I menyatakan, penerbangan dari Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo pada Rabu (18/9/2019) belum terdampak imbas kabut asap. Meski demikian,  NAM Air sudah membatalkan penerbangan dari dan ke Surabaya, Jawa Timur hingga Kamis, 19 September 2019 di Bandara Juanda.

Legal and Communication Section Head PT Angkasa Pura I, Yuristo Ardhi Hanggoro menuturkan, hingga Rabu siang belum ada laporan terdampak kabut asap. Namun, ada maskapai yang membatalkan penerbangan hingga Kamis 19 September 2019. Salah satunya NAM Air. Penerbangan NAM  AIR tersebt LKN242-LKN243 SUB-SMQ-SUB, LKN244-LKN245 SUB-SMQ-SUB, LKN246-LKN247 SUB-AAP-SUB, dan LKN192-LKN193 SUB-PKN-SUB.

"Infonya NAM Air memutuskan cancel untuk penerbangan ke Sampit (dua flight), Samarinda (satu flight) dan Pangkalan Bun (satu penerbangan) hingga Kamis, 19 September 2019," ujar dia saat dihubungi Liputan6.com, lewat pesan singkat.

Update

Yuristo menuturkan, kalau penerbangan berdampak penundaan antara lain arrival ada tiga penerbangan dan departure ada lima penerbangan dengan rute Banjarmasin, Pontianak, Palangkaraya.

Ia menuturkan, kalau penerbangan kemarin memang ada dampak penerbangan imbas kabut asap. Yang membatalkan penerbangan ada 12 penerbangan dan penundaan ada dua penerbangan.

Seperti diketahui, Sumatera dan Kalimantan mengalami kebakaran hutan dan lahan cukup besar. Hal ini berdampak terhadap layanan bandara sehingga maskapai mengalami penundaan penerbangan dan dibatalkan. Adapun kabut asap membuat jarak pandang terbatas sehingga terpaksa harus dilakukan pembatalan penerbangan.

2 dari 3 halaman

Kabut Asap, Sejumlah Penerbangan dari Bandara Juanda Dibatalkan

Melansir Antara, sejumlah penerbangan yang berasal dari Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur menuju sejumlah daerah di Kalimantan terpaksa dibatalkan menyusul beberapa kabut asap.

Yuristo menuturkan, terdapat lima penerbangan yang dibatalkan akibat kabut asap yaitu kedatangan dua dan tiga untuk keberangkatan.

“Di antaranya untuk maskapai Wings Air, Nam Air dan juga Lion Air, dengan tujuan ke Sampit, Palangkaraya,” kata dia.

Ia menuturkan, tidak hanya dibatalkan, sejumlah penerbangan juga dilaporkan melakukan return to base (RTB) ke Bandara Juanda.

“Bukan itu saja pada awal pekan ini, juga ada tujuh penerbangan yang harus dibatalkan akibat kabut asap tersebut,” kata dia.

Sementara itu, Tjiptadi salah seorang penumpang tujuan Sampit menuturkan, kalau dirinya mengalami keterlambatan saat berangkat.

“Kami berharap masalah asap ini bisa segera diselesaikan supaya perjalanan kami tidak terganggu akibat asap,” ujar dia.

Hal sama juga disampaikan oleh Heri S yang mengaku jika dirinya terpaksa harus menunggu di ruang tunggu bandara. “Kami belum tahu kapan akan diberangkatkan,” ujar dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Tim SAR Gabungan Evakuasi 4 Pendaki Terjebak Kebakaran Gunung Ranti
Artikel Selanjutnya
6 Potret Sony Dwi Koncoro Bersama Keluarga, Sosok Ayah Idaman