Sukses

LIVE STREAMING:PELANTIKAN PRESIDEN JOKOWI & WAPRES MA'RUF AMIN

Pohon Zaitun Tumbuh di Surabaya, Simak 5 Manfaatnya

Liputan6.com, Jakarta - Pohon zaitun adalah pohon yang usianya dapat mencapai ribuan tahun. Pohon satu ini biasa tumbuh di kawasan Mediterania. Spanyol dan Italia adalah negara yang terdepan dalam memproduksi zaitun.  

Pohon zaitun adalah pohon yang sudah ditemukan sejak ribuan tahun lalu. Bahkan terdapat arekolog yang pernah menemukan pohon ini dengan umur lebih dari 100 tahun. Bila ingin melihat pohon zaitun, tak perlu pergi jauh-jauh ke negeri orang. Kini Pohon Zaitun sudah tumbuh di Surabaya.

Melansir dari akun Instagram @Surabaya, Pohon Zaitun atau Olea europaea sudah berhasil tumbuh di Surabaya, tepatnya di Taman Harmoni, Keputih. Kurang lebih sudah dua tahun Pohon Zaitun ini tumbuh di Kota Pahlawan. 

Zaitun akan mulai berbuah bila sudah berumur lima tahun dan usianya bisa sampai ribuan tahun. Pohon yang tadinya kecil akan bertumbuh semakin besar. 

Bunga dari pohon zaitun berbentuk seperti lonceng. Sementara daunnya berbentuk lonjong dan saling berhadapan, dengan panjang sekitar 4-10 cm. Tinggi pohon ini kira-kira mencapai 8-15 meter. Zaitun memang tumbuhan yang istimewa. Terdapat banyak manfaat yang bisa diambil dari pohon berusia panjang ini.

2 dari 4 halaman

Berbagai Khasiat Zaitun

Zaitun memiliki banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. Minyak zaitun sendiri dikenal sebagai minyak yang sangat sehat. 

Minyak zaitun merupakan minyak dari hasil penggilingan zaitun. Dalam satu tetes minyak zaitu, mengandung vitamin E, K, lemak (omega 9, omega 6, omega 3, dan lemak jenuh) phenolic, serta zat besi yang bermanfaat untuk mendukung kesehatan tubuh. 

Dari tanaman asli Mediterania ini banyak sekali senyawa yang baik bagi tubuh. Tak hanya bagi kesehatan, minyak zaitun juga bermanfaat untuk kecantikan. 

Berikut ini lima manfaat minyak zaitun yang dilansir dari Kanal Health Liputan6.com:

1. Mencegah dan mengurangi risiko kanker

Sifatnya antioksidan anti inflamasi yang kuat dalam minyak zaitun, juga kerja dari phenolic dan vitamin E dapat mencegah dan mengurangi risiko kanker terutama kanker payudara dan kanker kulit.

Untuk kanker kulit, dengan menggunakan minyak zaitun sebagai tabir surya secara rutin adlaah cara terbaik mencegah sengatan sinar matahari dan melindungi kulit dari efek bahaya sinar matahari seperti UVA dan UVB. Dengan begitu malignant melanoma, tipe kanker kulit yang paling berbahaya dapat dicegah.

Sedangkan kanker payudara, seringkali terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi lemak jahat. Lemak yang ada pada minyak zaitun dapat melawan perkembangan tumor ini yang menjadi cikal bakal kanker payudara. Minyak zaitun yang kaya akan asam oleat, lemak tak jenuh, dan beberapa senyawa bioaktif seperti antioksidan akan menjadi kunci penting memerangi tumor.

2. Mencegah Alzheimer 

Penyakit Alzhiemer adalah penyakit degeneratif progresif pada otak yang umumnya menyerang orang tua. Selain itu, penyakit ini juga kerap dikaitkan dengan perkembangan plak-plak beta amiloid pada otak. 

Peneliti Italia dari Universitas Florence menemukan, polifenol pada minyak zaitun ekstra virgin dapat mencegah atau menunda munculnya penyakit alzheimer. 

Studi yang dipublikasikan di PLOS One, sebuah jurnal dengan akses terbuka, meneliti manfaat minyak zaitun untuk kesehatan pada tikus yang berpenyakit alzheimer. Tikus diberikan oleuropein aglycone, polifenol utama yang ditemukan pada minyak zaitun extra virgin selama 8 minggu.

Hasil penelitian menunjukkan, suplementasi diet oleuropein aglycone sangat memperbaiki kinerja kognitif tikus dibandingkan dengan kelompok yang tidak menerima polifenol minyak zaitun.

 

3 dari 4 halaman

Menyembuhkan Jerawat

3. Menyembuhkan Jerawat 

Minyak zaitun dapat dimanfaatkan untuk yang memiliki wajah berjerawat. Minyak zaitun adalah obat herbal alami untuk mengatasi gangguan jerawat karena mengandung vitamin yang mampu mempercepat proses penyembuhan. 

Kandungan antibakterinya mampu menyembuhkan jerawat karena infeksi bakteri. Sifat anti-inflamasi nya berguna untuk menyembuhkan jerawat dan bekas-bekasnya. Serta, sifat non-comedogenicnya juga baik karena tidak menyumbat pori-pori kulit.

4. Mengatasi Kulit Kering

Minyak zaitun dapat diaplikasikan pada seluruh tubuh selayaknya body lotion. Dengan menggunakan minyak zaitun pada seluruh tubuh, maka tubuh akan memiliki kulit yang tidak kering. 

Tak perlu takut juga terhadap serangan radikal bebas karena manfaat antioksidan yang berguna melucuti radikal bebas dan bahkan mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit.

5. Merawat Kesehatan Rambut

Rambut yang sering terkena touch up seperti diwarnai, diluruskan, dikeriting, atau bersinggungan dengan obat kimia, akan lebih mudah patah-patah, rontoh, kering bahkan rusak. Dengan rutin mengoleskan minyak zaitun pada rambut, maka kandungan vitamin E nya akan memelihara kesehatan rambut.

Selain itu minyak zaitun juga membuat rambut semakin tebal dan bersinar secara alami. Untuk yang mengalami kebotakan rambut, minyak zaitun juga dapat dipakai untuk merangsang pertumbuhan rambut.

(Kezia Priscilla, mahasiswi UMN) 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Tim SAR Gabungan Evakuasi 4 Pendaki Terjebak Kebakaran Gunung Ranti
Artikel Selanjutnya
6 Potret Sony Dwi Koncoro Bersama Keluarga, Sosok Ayah Idaman