Sukses

LIVE STREAMING:PELANTIKAN PRESIDEN JOKOWI & WAPRES MA'RUF AMIN

VIDEO: Siswa SD Gelar Teatrikal Peduli Bencana Kabut Asap

Liputan6.com, Jakarta - Prihatin dengan bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumatera dan Kalimantan, puluhan siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah, melakukan aksi peduli berupa teatrikal.

Dalam aksi tersebut, siswa menggambarkan nasib anak-anak yang terpapar asap kebakaran hutan. Mereka berharap dan berdoa agar peristiwa ini cepat selesai, sehingga bisa kembali sekolah.

Berikut tayangannya pada Liputan6, Kamis, 19 September 2019, aksi teatrikal ini menggambarkan kondisi, bagaimana masyarakat terutama anak-anak yang terkena asap akibat kebakaran hutan dan lahan.

Warga tak bisa melakukan aktivitas secara normal, termasuk kegiatan belajar dan mengajar yang terpaksa harus diliburkan. Untuk mengurangi gangguan pernapasan akibat asap, para siswa ini juga menggambarkan dengan memakai masker. Aksi ini makin menjiwai saat keluar asap betulan dari flare kembang api.

Aksi teatrikal ini sebagai bentuk peduli, sekaligus rasa keprihatinan para siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah di Surabaya terhadap kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Sumatera dan Kalimantan yang mengganggu aktivitas masyarakat banyak. Para siswa ini juga membentangkan poster bergambar hutan dan tulisan-tulisan berisi penyelamatan hutan dari kebakaran, di halaman sekolah.

Para siswa juga memberi semangat kepada para korban kabut asap dengan menuliskan pesan moral di sebuah spanduk. Mereka berharap Pemerintahan Jokowi bisa cepat menangani bencana kebakaran hutan dan lahan, sehingga aktivitas masyarakat kembali normal dan anak-anak bisa kembali bersekolah