Sukses

LIVE STREAMING:PELANTIKAN PRESIDEN JOKOWI & WAPRES MA'RUF AMIN

Eks Lokalisasi di Surabaya Ini Jadi Taman Anggrek hingga Rumah Jamur

Liputan6.com, Jakarta - Kota Surabaya, Jawa Timur mempunyai taman wisata yang baru. Taman yang tak hanya bisa dikunjungi saja, tetapi Anda juga dapat belajar tentang budidaya anggrek, jamur tiram, dan pisang cavendis.

Taman Anggrek dahulunya merupakan eks lokalisasi Sememi, Moroseneng atau eks-Wisma New Barbara yang sekarang beralih fungsi menjadi wisata edukasi Taman Anggrek dan Rumah Jamur. Di sini, pengunjung dapat menikmati pemandangan hamparan aneka bunga anggrek yang indah.

Di Taman Anggrek ini, terdapat enam jenis anggrek yang dibudidayakan, dan juga ada beberapa anggrek yang disilangkan, sehingga terbentuk beberapa warna baru. Jenis anggrek tersebut, di antaranya anggrek kantong semar (paphiopedilum glaucophyllum), dan anggrek bulan, dirangkum dari instagram @tamananggreksurabaya.

Selain terdapat beragam anggrek, di tempat tersebut juga ada budidaya jamur tiram. Jamur itu akan dikembangkan menjadi berbagai olahan jamur, misalnya jamur krispi.

Pemerintah Kota Surabaya berharap, dengan ada Taman Anggrek dan Rumah Jamur ini mampu meningkatkan perekonomian warga sekitar. Di taman ini, pengunjung juga dapat belajar mengenai bagaimana pembibitan pisang cavendis.

2 dari 3 halaman

Jamur Tiram

Proses pembibitan pisang itu dilakukan dengan menjalankan teknik kultur jaringan. Taman Anggrek berlokasi di Jalan Sememi Jaya Gang II, Kelurahan Sememi, Kecamatan Benowo, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Taman ini juga memperbolehkan lembaga pendidikan untuk melakukan kunjungan di sini. Mulai dari sekolah-sekolah, seperti Sekolah KB RA Mujahidin 2 yang pernah bertandang ke Taman Anggrek untuk menambah ilmu pengetahuan anak didiknya.

Untuk Anda para penggemar selfie, jangan khawatir, karena disediakan juga beberapa tempat yang instagramable untuk berfoto ria. Spotnya terbuat dari rotan yang dibentuk menjadi semacam lingkaran dan juga bentuk hati (love).

Jika tertarik untuk mengunjunginya, Anda dapat bertamu pada pukul 08.00-15.00 WIB. Lebih menariknya lagi, pengunjung tidak dipungut biaya untuk masuk ke Taman Anggrek.

Yuk, rencanakan liburan Anda di Taman Anggrek Surabaya.

(Wiwin Fitriyani, mahasiswi Universitas Tarumanagara)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Tim SAR Gabungan Evakuasi 4 Pendaki Terjebak Kebakaran Gunung Ranti
Artikel Selanjutnya
6 Potret Sony Dwi Koncoro Bersama Keluarga, Sosok Ayah Idaman