Sukses

3 Tempat Pilihan Cicipi Makanan Khas di Situbondo

Liputan6.com, Jakarta - Ketika jalan-jalan di suatu daerah tak lengkap rasanya kalau tak berwisata kuliner. Bila ada waktu memungkinkan, mencicipi makanan khas dapat jadi pilihan wisata kuliner.

Salah satu daerah di Jawa Timur juga kaya wisata kuliner. Salah satunya di Situbondo, Jawa Timur. Kabupaten ini terletak di daerah pesisir utara Jawa di kawasan Tapal Kuda. Mengutip peta kuliner Trans Jawa oleh Kementerian Perhubungan, Senin (23/9/2019), daerah ini dikelilingi oleh perkebunan tebu, tembakau, hutan lindung Baluran dan lokasi usaha perikanan.

Dengan letaknya yang strategis, di tengah jalur transportasi darat Jawa-Bali, kegiatan ekonominya tampak aktif. Situbondo memiliki pelabuhan Panarukan yang terkenal sebagai ujung timur dari Jalan Raya Pos Anyer-Panarukan di Jawa yang dibangun oleh Daendels pada era kolonial Belanda. Ingin coba cicipi makanan khas Situbondo? Berikut makanan yang bisa dicicipi di Situbondo, Jawa Timur:

1.Nasi Sodu

Nasi ini merupakan sepiring nasi dengan kuah gulai lawuh yang dicampur kacang panjang. Terkadang diberi campuran wortel dan buncis. Intinya nasi sodu, sayurnya adalah kuah santan dengan lauk ikan tongkol yang dimasak bumbu merah dan ada sambal terasi toge.

Salah satu tempat makan yang sajikan makanan ini di alamat Awar-Awar, Asembagus, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Jam buka pada pukul 08.00 WIB.

2. Sate Olean

Di Situbondo ada sate legendaries milik Hj Ilmi Mufiddah. Terkenal akan tekstur sate yang empuk dan rasa lezat. Ada resep khusus yang membuat Sate Olean bertekstur daging emuk. Ada juga pilihan bumbu dan rempah-rempah yang sudah diwarisi Hj Ilmi turun temurun. Tempat makan yang sajikan sate ini Jalan Basuki Rahmat Mimbaan Utara, Mimbaan, Panji, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

3.Lele Bakar Situbondo

Lele bakar ini dapat dinikmati langsung dengan nasi hangat. Akan tetapi lebih nikmat jika dicocolkan dengan sambal. Uniknya sebagian besar bahan lele itu dibudidayakan secara organik. Lele ini dapat ditemui di Stana Lele, Jalan Raya Banyuwangi, Desa Banyuputih RT03/RW 02 Kecamatan Banyuputih, Curahlagi, Banyuputih, Situbondo.

2 dari 3 halaman

Menyantap Nasi Krawu Khas Gresik di Surabaya

Sebelumnya, Jawa Timur kaya kuliner. Di provinsi yang dipimpin Gubernur Khofifah Indar Parawansa ini, dapat ditemui sejumlah makanan khas mulai dari rawon, rujak cingur, nasi bebek, soto, dan nasi krawu Gresik.

Nasi krawu merupakan salah satu masakan khas dari Gresik, Jawa Timur.  Masakan ini terdiri dari potongan daging daging sapi yang sudah dibumbui. Ditambah sambal terasi dan serundeng serta lauk pauk lainnya.

Asal nama krawu adalah masakan dari krawu kelapa ini. Serundeng kelapa dan bumbu manggut memberikan rasa di nasi krawu selain dari krawu.

Makanan khas asal Gresik ini juga dapat dijumpai di Surabaya, Jawa Timur. Ingin mencoba masakan nasi krawu di Surabaya? Mengutip buku Food Report Surabaya by Surabaya Food Patrol, berikut tempat makan yang sediakan nasi krawu di Surabaya:

1.Nasi Krawu Ibu HJ. Suliha

Tempat makan ini buka dari pukul 06.00-11.00 WIB. Letaknya di Jalan Indrapura. Tempat makan ini menyediakan nasi krawu yang dikemas rapi dalam bungkusan yang terbuat dari daun pisang. Nasi ini terdiri dari serundeng, daging suwir dan sambal.

2.Nasi Krawu Mbak Su

Tempat makan ini buka dari pukul 06.00-15.00 WIB. Tempat makan ini berada di Jalan Dharmahusada Nomor 108 B. Cabang lain dapat ditemui di Jalan Darmo Permai 3.

Nasi krawu ini paling terkenal di Gresik. Mbak Su berjualan nasi krawu secara keliling pada 1950-an, menjunjung dagangan nasi krawu di atas kepalanya. Kini anak-anaknya meneruskan usaha mbak su.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Menko Luhut Ingin Konsultan RI Dapat Evaluasi Kereta Jakarta-Surabaya
Artikel Selanjutnya
Pelaku Industri Tekstil Bakal Pindahkan Pabrik ke Jateng dan Jatim