Sukses

Data Surabaya: Hore, Wisatawan di Kota Pahlawan Melonjak Pesat

Data Surabaya mencatat jumlah wisatawan yang datang ke Surabaya selalu meningkat. Baik wisatawan nusantara atau pun mancanegara, keduanya sama-sama mengalami kenaikan.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai ibu kota Jawa Timur,  banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi kala berlibur ke Surabaya. Tak heran bila terkadang Kota Pahlawan dipenuhi oleh wisatawan.

Setiap tahun, jumlah wisatawan yang datang ke Surabaya terus meningkat. Baik dalam negeri atau wisatawan luar negeri, keduanya meningkat.

Data Surabaya melihat peningkatan dari kunjungan wisatawan nusantara tahun 2018 di Surabaya. Menurut BPS Surabaya, realisasi kunjungan wisatawan nusantara di Surabaya pada 2018 berjumlah 27.575.125. Angka ini meningkat dari tahun sebelumnya yang berjumlah 22.713.892.

Tak hanya dalam negeri, wisatawan mancanegara pun menjadikan Surabaya sebagai tujuan wisata. Pada 2018, angka wisatawan mancanegara mencapai 1.728.194. Angka ini juga meningkat bila dibanding tahun sebelumnya. Pada 2017, wisatawan asing yang datang ke Surabaya berjumlah 1.569.130. 

Banyaknya wisatawan yang berlibur ke Kota Pahlawan berpengaruh pada penginapan yang ada di Surabaya. 

Pada 2018, tercatat rata-rata tingkat penghunian kamar hotel bintang di Kota Surabaya sebesar 57,64 persen. Untuk tingkat pemakaian tempat tidur sendiri rata-ratanya adalah 68,46 persen. Sedangkan rata-rata tamu per kamar hotel bintang Surabaya adalah 1,65 persen.

BPS Surabaya juga mencatat kamar hotel non-bintang di Surabaya 2018. Angka rata-rata tingkat penghunian kamar hotel non bintang tahun 2018 di Surabaya lebih kecil dibandingkan hotel berbintang. Angka tersebut sebesar 37,61 persen.

Sedangkan tingkat pemakaian tempat tidur kamar hotel non bintang adalah 55,15 persen. Untuk tamu per kamarnya mencapai 1.79 persen.

Pemerintah Kota Surabaya (Pemkot Surabaya) pun berupaya membenahi kota sehingga aman dan nyaman bagi masyarakat dan turis. Sejumlah strategi dilakukan untuk menambah jumlah wisatawan.

"Dengan meningkatkan layanan di industri pariwisata, meningkatkan kegiatan nasional dan internasional serta terus menambah tujuan baru di Surabaya," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Antiek Sugiharti saat dikonfirmasi lewat humas Pemkot Surabaya.

 

(Kezia Priscilla, mahasiswi UMN)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Data Surabaya: Unair Menempati PTN dengan Mahasiswa Terbanyak

Sebelumnya, memasuki akhir masa SMA, sudah saatnya untuk menyiapkan pilihan universitas yang ingin dituju. Surabaya, Jawa Timur memiliki banyak perguruan tinggi yang bisa dijadikan pilihan. Tak hanya universitas negeri, perguruan tinggi swasta juga terdapat di kota ini.

Banyak pelajar yang memilih Kota Surabaya sebagai tempat untuk menempuh pendidikan. Data menyebutkan jumlah mahasiswa perguruan tinggi negeri dan swasta tahun 2018/2019 mencapai 124.487.

Data Surabaya dari laporan BPS yang dikutip Senin, 16 September 2019 mencatat, perguruan tinggi negeri di Surabaya yang memiliki mahasiswa terbanyak adalah Universitas Airlangga (UNAIR). Data ini mencatat banyaknya mahasiswa tahun ajaran 2018/2019.

Mengutip data dari BPS Surabaya, UNAIR menjadi universitas yang memiliki mahasiswa terbanyak dalam tahun ajaran 2018/2019. Bila ditotalkan, jumlah mahasiswa UNAIR mencapai 36.212. Penyumbang mahasiswa terbanyak adalah jenjang pendidikan tingkat sarjana dengan jumlah 24.012. 

Bila melihat dari sisi banyaknya tenaga pengajar sendiri, UNAIR memiliki jumlah dosen yang sebanyak 1.728.

Peringkat kedua perguruan tinggi negeri dengan mahasiswa terbanyak selanjutnya adalah Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Angka total mahasiswa UNESA tak berbeda jauh dengan UNAIR. Jumlah mahasiswa UNESA 2018/2019 adalah 31.363.

Tak hanya perguruan tinggi negeri, Surabaya juga memiliki banyak universitas swasta di dalamnya. Bila ditotalkan, perguruan tinggi swasta yang ada di Surabaya berjumlah 25 universitas.

Untuk universitas swasta dengan jumlah mahasiswa terbanyak tahun ajaran 2018/2019 yang terdaftar di Kopertis VII Surabaya adalah Universtas “17 Agustus 1945” Surabaya. Jumlah mahasiswa di universitas ini tercatat 15.251.  

(Kezia Priscilla, mahasiswi UMN)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.