Sukses

Yuk, Coba 5 Soto Pilihan Surabaya Ini

Soto banyak digemari oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar Kota Surabaya, Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Kota Pahlawan Surabaya menyimpan banyak kekayaan kuliner khas yang cocok dinikmati bagi Anda yang suka makanan daerah. Rasanya yang nikmat dan harga yang ramah buat kantong siapa saja, jadi alasan mengapa jajanan khas ini tetap eksis hingga kini.

Di antara makanan khas Surabaya yang terkenal adalah lontong balap, rawon tahu tek, rawon, penyetan, dan sederet makanan lain yang siap menggoyang lidah kalian. Makanan-makanan itu mudah dijumpai di pinggir jalan.

Selain itu, ada yang namanya soto. Makanan gurih berkuah ini, sudah lama menjadi favoritnya wisatawan, baik yang berasal dari Jawa Timur maupun dari luar daerah. Berikut adalah daftar soto di Surabaya yang wajib Anda coba, seperti dikutip dari berbagai sumber. Dijamin ketagihan.

1. Soto Ambengan Pak Sadi

Kedai soto milik Pak Sadi ini sudah ada sejak tahun 1970. Berada di Jl. Ambengan No.2, Ketabang, Genteng, Surabaya. Berdekatan dengan kedai Soto Madura Gubeng Pojok.

Meski di lokasi yang berdekatan, keduanya tetap mempertahankan kekhasannya masing-masing. Pak Sadi memadukan antara telur, daging ayam, kaldu ayam, dan kubis yang dicacah. Selain itu pilihannya ada tiga, yaitu soto hati ampela, soto telur, dan soto komplit. Semuanya wajib dicoba.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Soto Ayam Pak Djayus

2. Soto Ayam Pak Djayus

Kalau kalian sedang berada di Jl. Raya Manyar No.81, Menur Pumpungan, Kecamatan Sukolilo, jangan lupa mampir ke kedainya Pak Djatus. Sajian sotonya nikmat bikin puas.

Soto yang satu ini terkenal dengan kuahnya yang gurih dan agak asin. Kalau merasa terlalu asin, kalian bisa tambahkan kecap. Tenang, selain kuahnya, dagingnya yang empuk menjadi ciri khas yang lain. Selain itu, Pak Djayus juga menyediakan nasi goreng jawa yang tidak kalah enak.

3. Soto Madura Gubeng Pojok

Kabarnya, soto ini memadukan bumbu khusus yang tidak ada di soto lain. Makin penasaran kan, yuk meluncur ke Jl. Kusuma Bangsa No. 30, Genteng, Surabaya.

Hasil bumbu khusus dalam kuah soto Gubeng ini memang sulit dilupakan. Apalagi ditambah suwiran daging yang empuk, rempah-rempah dan sepiring nasi hangat. Wah, nempel banget di lidah, deh.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Soto Ayam Cak To

Sudah siap dengan antrean panjang? Datanglah ke tempat ini, di Jl.Undaan Wetan 10, Surabaya. Satu lagi di daerah Gubeng Kertajaya V Raya 19, Surabaya. Kedai Cak To buka setiap hari, dari pagi hingga sore.

Perpaduan rempah pilihan, jadi rahasia mengapa soto Cak To selalu ramai pengunjung. Belum lagi irisan dagingnya yang empuk dan tebal berpadu kuah soto yang segar, sudah pasti bikin lidah kalian merasakan kenikmatan yang optimal. Cobain deh.

5. Soto Cak Har Lamongan

Perpaduan antara kuah berwarna kuning yang kental dan gurih menjadi ciri khas utama soto ini. Belum lagi campuran tulang ayam di dalamnya. Jika berkenan, kalian juga bisa menambahkan lauk macam daging, kulit, jeroan, bahkan brutu alias pantat ayam.

Tempatnya berada di dua lokasi, yakni di Jl. Arif Rahman Hakim, Keputih, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya dan di Jl. Raya Menganti Karangan No.45, Babatan, Kecamatan Wiyung, Kota Surabaya, Jawa Timur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.