Sukses

5 Taman Bertema di Surabaya yang Bikin Badan dan Pikiran Segar

Liputan6.com, Jakarta - Surabaya, Jawa Timur, salah satu kota metropolitan di Indonesia, jadi salah satu tujuan wisata para turis. Meski Kota Pahlawan ini tidak banyak memiliki kekayaan alam tetapi punya pesona untuk menarik wisatawan.

Di kota ini, Anda dapat berwisata sejarah, kuliner, budaya, dan lainnya. Dengan pilihan wisata ini, para pengunjung dapat menikmati Surabaya. Pemerintah Kota Surabaya (Pemkot Surabaya) pun berupaya membenahi kota sehingga aman dan nyaman bagi masyarakat dan turis. Sejumlah strategi dilakukan untuk menambah jumlah wisatawan.

"Dengan meningkatkan layanan di industri pariwisata, meningkatkan kegiatan nasional dan internasional serta terus menambah tujuan baru di Surabaya," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Antiek Sugiharti.

Pemerintah Kota Surabaya juga menambah jumlah taman yang ada di Surabaya. Hal ini juga untuk menambah ruang terbuka hijau dan meningkatkan kualitas udara. Selain itu, taman ini juga dapat menjadi tujuan wisata.

Kini ada sekitar 475 taman di Surabaya dengan total luas lahan taman 141,03 hektar hingga Agustus 2019. Taman tersebut terdiri dari 318 taman pasif dan 157 taman aktif.

Taman-taman di Surabaya tersebut memliki tema-tema. Taman itu antara lain taman kunang-kunang, taman sepuluh November, taman buah dan taman persahabatan. Berikut Liputan6.com rangkum mengenai sejumlah taman yang memiliki tema-tema, seperti dikutip dari laman Surabaya.go.id:

1.Taman Kunang-Kunang

Disebut taman kunang-kunang karena terdapat miniatur kunang-kunang di Taman Surabaya ini. Lokasi taman kota ini terletak di Jalan Penjaringan Sari. Taman yang berada di antara dua bangunan rumah susun terdapat tulisan taman kunang-kunang dengan latar belakang warna putih.

Fasilitas yang ada di taman ini antara lain lapangan futsal, basket, ayunan, taman bermain dan masih ada yang lainnya sehingga taman kunang-kunang menjadi kawasan bermain untuk semua kalangan baik dewasa, remaja dan balita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 3 halaman

Taman Buah Undaan

2. Taman Buah Undaan

Taman ini salah satu taman tematik di Surabaya yang bertemakan buah-buahan. Buah-buahan itu membentuk satu kesatuan dengan aneka wahana permainan anak-anak yang ditata apik dan diintegrasikan dengan areal bermain itu. Taman ini berlokasi di Jalan Undaan (Undaan Kulon-Undaan Wetan). Taman ini dahulunya berfungsi untuk SPBU. Taman ini juga dilengkapi air mancur sebagai point of interest di tengah-tengahnya.

3. Taman persahabatan

Taman ini merupaka lahan bekas SPBU seluas 2.259 m2. Taman ini terletak di Jalan Sulawesi. Taman ini terdapat prasasti tanda persahabtan dengan sejumlah kepala daerah yaitu Sidoarjo, Batam, Banjarmasin, Yogyakarta dan dari Jepang. Selain prasasti juga ditanam lima pohon langka. Oleh karena itu, jadilah taman persahabatan yang menandai kerja sama kota-kota tersebut.

3 dari 3 halaman

Taman 10 November

4. Taman Persahabatan Indonesia-Korea

Taman Persahabatan Korea berada di Jalan Dr. Soetomo, merupakan taman yang menggambarkan bentuk persahabatan antara Pemkot Surabaya dan Pemerintah Korea Selatan, menggambarkan pertukaran budaya antar kedua negara.

Di taman itu sebagai prasasti kerja sama antara dua negara, Indonesia-Korea Selatan yang pernah menjalin kerja sama di berbagai bidang. Selain itu, taman yang teduh dan masih asri akan membuat pengunjung yang datang betah untuk menikmati taman ini.

5. Taman 10 November

Taman ini terletak di depan Stadion Gelora 10 November, Jalan Juwet, Tambaksari, Surabaya, Jawa Timur. Sebelumnya taman ini bernama Taman Mundu. Di taman ini terdapat atraksi air mancur yang lokasinya berada di depan taman dan sebelah pojok taman arah timur.

Air mancur ini menyemburkan air secara bersamaan diiringi sorot lampu berwarna-warni. Semburan air berbentuk gapura terbentuk, ketika kedua kolam air mancur ini menyemburkan air secara bersamaan.