VIDEO: Kampung Edukasi Sidoarjo Memacu Warganya Berprestasi

VIDEO: Kampung Edukasi Sidoarjo Memacu Warganya Berprestasi

Bangkit dari masalah lingkungan memang tidak mudah. Butuh tekad kuat dan kerja keras, hingga masalah berbalik menjadi manfaat bagi semua. Setidaknya hal itu dibuktikan warga di sebuah kampung di Sidoarjo, Jawa Timur.

Wilayah pemukiman yang dulunya identik dengan tempat pembuangan akhir sampah, disulap menjadi kampung edukasi lingkungan, dengan berbagai keunggulan dan prestasi, berikut liputan video inspiratifnya yang tayang pada Fokus, 14 Agustus 2019.

Beginilah aktivitas warga di RW. 09, Perumahan Mutiara Citra Graha di Desa Larangan, Kecamatan Candi, Sidoarjo, Jawa Timur. Sejumlah warga mempersiapkan media dan tanaman hidroponik, yang dibudidayakan di lahan-lahan sempit. Minimnya lahan tak menghambat warga bercocok tanam sayuran dengan pola hidroponik menanam sayuran untuk konsumsi sehari-hari.

Berkat keseriusan dan kerja keras, tanaman hidroponik warga ini membuahkan hasil dan meraih berbagai prestasi. Sehingga bukan hanya warga sekitar yang memanfaatkannya, masyarakat diluar Sidoarjo banyak yang membeli dan mengkonsumsi tanaman organik ini.

Sebelum menjadi kampung edukasi, kampung ini dulunya identik dengan tempat pembuangan akhir sampah, yang kumuh. Tapi kini, berubah menjadi kampung rujukan edukasi bahkan studi banding, dari berbagai lembaga, mulai pendidikan hingga pemerintahan.

Tiap RT di kampung ini memiliki keunggulan masing-masing, seperti lahan pembibitan tanaman konvensional, taman, tanaman toga, hingga taman baca. Bahkan sebagai usaha mewujudkan kampungnya bebas sampah, warga membudidayakan ikan lele di sepanjang saluran air, untuk memakan sisa makanan rumah tangga yang terbuang.

Dengan penataan lingkungan dan manajemen yang baik, kampung yang dulunya identik dengan pembuangan akhir sampah, ini menjadi kampung unggul dan berprestasi. Berbagai kegiatan yang dikembangkan warga seperti hidroponik, tanaman toga, pengelolaan sampah menjadi pupuk, hingga budidaya ikan lele, menjadi tambahan penghasilan, yang bisa kembali dikelola warga untuk kepentingan warga.

Yuk tonton video-nya

Ringkasan

Oleh Didi N pada 24 September 2019, 23:25 WIB

Video Terkait

Spotlights