Sukses

AIChE ITS Raih Penghargaan Internasional Outstanding Student Chapter

AIChE ITS Student Chapter (SC) ini terbentuk didasarkan oleh tingginya kebutuhan akan aspek internasionalisasi di lingkungan Departemen Teknik Kimia ITS.

Liputan6.com, Surabaya - Sivitas akademika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali menorehkan prestasinya di tingkat internasional. Kali ini, melalui kelompok American Institute of Chemical Engineers (AIChE) ITS Student Chapter yang berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Outstanding Student Chapter untuk kali kedua. 

Penghargaan tersebut akan diberikan secara langsung pada pergelaran tahunan yang diselenggarakan oleh AIChE Internasional di Orlando, Amerika Serikat (AS), 10 November 2019. AIChE ITS Student Chapter (SC) ini terbentuk didasarkan oleh tingginya kebutuhan akan aspek internasionalisasi di lingkungan Departemen Teknik Kimia ITS

AIChE ITS SC yang terbentuk pada 21 Juli 2017 ini fokus dalam mengembangkan beberapa proyek yang bermanfaat, terutama dalam hal profesionalisme dan pendidikan di lingkup Teknik Kimia. 

"Kami terbuka untuk semua departemen di ITS yang tertarik dalam pengembangan teknik proses,” ujar Muhammad Hazairin, Student President AIChE ITS SC 2018/2019 ini, Selasa (24/9/2019). 

AIChE ITS berhasil mempertahankan penghargaan Outstanding Student Chapter yang juga diraih tahun sebelumnya, setelah mengalahkan kurang lebih 310 perguruan tinggi di seluruh dunia dan tergabung bersama 25 pemenang lainnya yang juga terseleksi dalam lingkup AIChE Internasional. 

Hal ini merupakan pencapaian yang luar biasa, mengingat AIChE ITS mampu bersaing dengan kampus lain di Indonesia yang sudah terlebih dahulu terbentuk dan bergabung bersama AIChE Internasional.

Lebih lanjut, kata mahasiswa yang biasa disapa Irin tersebut, penghargaan ini diberikan oleh AIChE Internasional kepada perguruan tinggi di seluruh dunia yang aktif berkontribusi dalam hal pengembangan profesional mahasiswa di wilayahnya masing-masing. 

Banyaknya proyek yang dilakukan dan dampak positif yang dihasilkan juga merupakan aspek utama yang dinilai dalam pemberian penghargaan ini. "Total sebanyak 38 proyek di berbagai lingkup sudah kami kerjakan bersama selama satu periode kepengurusan," tambahnya.

Mahasiswa dari Departemen Teknik Kimia itu juga menjelaskan, AIChE ITS selalu berusaha memberikan kontribusinya baik di tingkat nasional maupun internasional. Salah satu bentuk kontribusi terbesarnya di lingkup nasional adalah pembentukan proyek Professional Engineering Month yang digagas oleh Departemen Pengembangan Profesional AIChE ITS

Proyek ini mampu membantu mahasiswa teknik untuk belajar bagaimana caranya untuk menjadi insinyur teknik yang profesional sesuai bidangnya masing-masing. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beri Kontribusi Positif

Sedangkan di lingkup internasional, ungkap Irin, AIChE ITS juga memberikan kontribusi positifnya dengan menjadi mitra dan bekerja sama secara langsung dengan salah satu anggota dari Ivy League yaitu AIChE Pennsylvania. 

Selain itu, aspek pengembangan internal organisasi, pengabdian ke masyarakat seperti proyek penjangkauan dan filantropi, hingga kontribusi dalam bidang teknik kimia secara profesional juga merupakan aspek yang dinilai. 

AIChE ITS juga selalu mengedepankan etika kerja yang efektif sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja masing-masing anggotanya. Mereka menggunakan tagline #ExpandingExcellence yang dipromosikan dalam setiap kegiatannya. 

Hal itu dilakukan untuk memberikan keunggulan dari AIChE ITS kepada komunitas insinyur lainnya. “Aspek profesionalisme, pendidikan, dan proyek penjangkauan yang menjadikan kami berbeda dengan Student Chapter lainnya,” klaim Irin.

Selain itu juga membuktikan pengembangan aspek disiplin ilmu teknik kimia di Indonesia, terutama di ITS mampu berbicara banyak di kancah internasional. Adanya penghargaan ini juga membuka banyak pintu untuk meraih peluang-peluang yang tersedia di bidang terkait. 

"Kami berharap dapat melanjutkan kinerja ini secara maksimal, sehingga bisa menjadi contoh dan memberikan pengaruh yang baik bagi mahasiswa lain untuk terus memberi kepada masyarakat," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.